Peringatan Haul Mbah Sayyid Arif Bertabur Tokoh NU

Anis Hidayatie
04 Januari 2023 | 22.45 WIB Last Updated 2023-01-05T11:19:22Z
Ketua PWNU, Pengurus wilayah Nahdlatul Ulama  Dr.Drs. KH. Marzuqi Mustamar, M.Ag
PASURUAN I JATIMSATUNEWS.COM: JATIMSATUNEWS.COM: Peringatan haul Mbah Sayyid Arif bin Abd. Rohman Baa Syaiban, Mbah Sayyid Abd. Rohman, Mbah Kendil Wesi dilaksanakan pada hari Selasa, 3 Januari 2023 atau bertepatan dengan tanggal 10 Jumadil Akhir 1444 H.
Bertempat di pesarean Mbah Sayyid Arif Segoropuro kecamatan Rejoso kabupaten Pasuruan, majlis haul dimulai dari pukul 08.00 WIB.

Bertabur  tokoh NU dihadiri oleh habaib, ulama dan masyayikh disamping pejabat birokrat Kabupaten Pasuruan. Nampak dalam acara tersebut Kakankemenag H, Syaikhul Hadi, Wakil Bupati Pasuruan KH. A. Mujib Imron, Ketua Tanfidiyah NU Kab. Pasuruan KH. Mutamakin, Ketua PWNU, Pengurus wilayah Nahdlatul Ulama  Dr.Drs. KH. Marzuqi Mustamar, M.Ag, Keluarga keturunan/Durriyah Mbah Sayid Arif dari Sidoarjo dan Surabaya  serta anggota DPR RI fraksi PKB Dra. Anisa Sakur,M.Ag. 

"Sebuah momen istimewa sebab penyelenggara hanya level desa karena mampu menghadirkan tokoh-tokoh penting. Pejabat juga ulama', ujar Samsul Arifin guru MTsN 5 Pasuruan yang ikut hadir dalam acara tersebut.

Selaku Wakil Bupati Pasuruan dalam sambutan Gus Mujib sedikit menyampaikan program pemerintah kabupaten Pasuruan terkait pelayanan kesehatan BPJS gratis bagi 345.000 warga Pasuruan. Mereka yang termasuk dalam pemberian bantuan ini hanya perlu membawa KTP sewaktu datang berobat ke tempat layanan kesehatan milik pemerintah untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis.

Dalam kesempatan kali ini Ibu Nyai Anisa Sakur berpesan kepada generasi muda muslim agar meneladani para mujahid, pejuang, pahlawan, dan para waliyulloh yang telah memberikan kontribusi positif bagi Indonesia itulah support yang di sampaikan oleh Beliau.

Ceramah Agama di sampaikan oleh Dr. Drs. KH. Marzuqi Mistamar, menyinggung  Penguatan tentang ajaran dan amalan kaum nahdiyin yang bermazhabkan Imam Syafii. Menguraikan Bab Tahlil, Talqin dan ziaroh qubur yang telah diterangkan hadis-hadisnya dalam kitab Soheh Bukhori, Soheh Muslim, kitab Bulughul marom  Ianatuttholibin serta kitab Ikhya' Ulumuddin karangan AlImam Ghozali.

 "Semua itu tuntunan dan ajaran dari Nabi Muhammad SAW, Siti Aisyah istri beliau, sahabat-sahabat Nabi, Tabiin, Para Imam Madzhab dan Salaful Sholeh termasuk penyebar Islam di Indonesia khususnya Wali Songo di tanah jawa ini yang merupakan nenek moyang dari siMbah Sayid Arif Bin Sayid Abdur rokhman Baa Saibaan ini," ungkai Kyai Marzuqi 

Diketahui, tentang urutan silsilah Kyai Marzuqi secara garis vertikal orang tua  kalau di urutkan ke atas juga sampai ke Sultan Hasanudin yang juga keturunan Syarif Hidayatulloh Cirebon. 

Acara tahunan yang selalu menarik minat peziarah dari seluruh pelosok Jawa Timur khususnya masyarakat kabupaten Pasuruan kali ini juga diisi dengan khotmil Qur'an dan manakibul karomah, dilaksanakan pada hari Senin 2 Januari 2023 pukul 19.00 WIB dan  Maulid Al Habai, dilaksanakan pada hari Selasa 3 Januari 2023 pukul 04.00 WIB dan  Lailatul Hadrah Ishari, dilaksanakan pada hari Selasa 3 Januari 2023 pukul 19.00 WIB.

Sebuah harapan  disampaikan Wakil bupati agar peserta  dapat meneladani para wali-wali yang di hauli dan mendapatkan berkah karena mereka nerupakan anak cucu wali songgo dan penerusnya yang bermadzhab Ahlussunah Waljamaah itulah yang di pesankan dan di sampaikan oleh Ketua NU Cabang Kabupaten Pasuruan, yang pernah berguru ke KH. SiMbah Faddol Tuban dengan KH. A. Mujib Imron yang terkenal keilmuannya yang Alim allamah itu.

"Semoga kita semua dapat meneladani para wali-wali yang di hauli dan mendapatkan berkah karena mereka nerupakan anak cucu wali songgo dan penerusnya yang bermadzhab Ahlussunah Waljamaah," tutur Ketua NU Cabang Kabupaten Pasuruan. Lee/SA
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peringatan Haul Mbah Sayyid Arif Bertabur Tokoh NU

Trending Now