LPBI Pronojiwo-Lumajang, Awali 2023 dengan Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana

Eko Rudianto
03 Januari 2023 | 21.48 WIB Last Updated 2023-01-03T21:06:20Z


LPBI Pronojiwo-Lumajang, Awali 2023 dengan Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana

LUMAJANG I JATIMSATUNEWS.COM: Lumajang, 3/1/2023. Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) Nahdlatul Ulama' (NU) Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang menyelanggarakan Pelatihan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) dan Managemen Logistik Kemanusiaan. Acara yang dilaksanakan di Kantor MWC NU Pronojiwo pada 03 Januari 2023 pukul 08.00 hingga selesai ini berjalan dengan lancar.

Sasaran peserta dalam pelatihan ini adalah semua anggota banom dan lembaga Nahdlatul Ulama' wilayah kecamatan pronojiwo dan candipuro khususnya, dan seluruh relawan pada umumnya. Pelatihan tersebut diikuti omeh kurang lebih 60 peserta yang terdiri dari Relawan NU dari Pronojiwo dan Candipuro dengan 2 pemateri utama, diantaranya Wakil Ketua LPBI NU Jatim yang akrab dipanggil Cak Anam dan dari Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Jatim yang akrab di sapa Mba Anin.

Kegiatan tersebut sengaja disepenggarakan sesuai dengan judulnya adalah sebagai pengurangan risiko bencana, apalagi pronojiwo dan candipuro identik dengan erupsi gunung semeru.

"Tujuan diadakan pelatihan tersebut adalah untuk mengantisipasi bencana yang kerap terjadi di Lumajang, khususnya di kecamatan Pronojiwo dan kecamatan candipuro". Ujar pria yang akrab dipanggil Cak Salam.

Ada 5 kurikulum materi yang disajikan dalam pelatihan tersebut antaralain Pemahaman Dasar Sistem Penanggulangan Bencana, Managemen Pos Lapangan NU Peduli, Operasi Logistik, Pertolongan Pertama Gawat Darurat, Praktik Lapangan atau Sinulasi Respon Awal Kejadian, Serta Layanan Dukungan Psikososial. 

Secara keseluruhan kegiatan tersebut berjalan sangat baik, peserta sangat antusias bahkan melebihi kuota awal.

"Alhamdulillah relawan sangat antusias,target saya cm 40 tpi 60 yg ikut" ujar cak salam.


Dokumentasi :


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • LPBI Pronojiwo-Lumajang, Awali 2023 dengan Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana

Trending Now