Hari Pertama Kirab Panji NU Kabupaten Malang, Dihadiri Ketua PCNU dan Wabup

Anis Hidayatie
27 Januari 2023 | 23.32 WIB Last Updated 2023-01-27T21:04:04Z
Hari Pertama Kirab Panji NU Kabupaten Malang, Dihadiri Ketua PCNU dan Wabup
MALANG I JATIMSATUNEWS.COM:Panji NU berkibar, beriringan dengan merah putih, dikirab pertama kali sebagai rangkaian satu abad NU oleh Nahdhiyin  Kabupaten Malang pada hari  Jum’at, 27 Januari 2023. 

Dimulai dari Kacamatan Singosari dan akan berakhir di Pakis. MWCNU Singosari melakukan penyambutan di desa Bungkuk. Hadir dalam kegiatan ini adalah Ketua Syuriah PCNU dan Ketua Tanfidziyah PCNU KH Khamim Kholili Kabupaten Malang beserta jajarannya, Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto , KH Munsif Narowi, Kepala Kemenag Kabupaten Malang Sahid,  MWCNU Singosari beserta BANOMnya, KONFORPIMCAP dan Masyarakat sekitar. 

Start Kirab Panji NU dari Pondok Pesantren Al-Islahiyah Menuju Masjid Bungkuk Singosari. Selanjutnya dilakukan serah terima Bendera Merah Putih Oleh Camat Singosari dan Panji NU oleh Ketua MWCNU Singosari Kepada Tim Kirab. Setelah itu dilanjut dengan Sambutan-Sambutan, diantaranya adalah sambutan dari Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto. 

“Selamat kepada adek-adek yang akan membawa keliling panji NU. Melalui kirab ini kita berharap agar anak-anak kita secara keseluruhan lebih mengenal ajaran islam yang dikemas dengan Nahdlatul Ulama. Saya yakin nanti anak-anak setelah mengenal lebih dalam Nahdlatul Ulama melalui kegiatan kirab panji NU ini akan berkhidmat dengan maksimal. Saat singgah ditempat- tempat yang telah direncanakan isi dengan kegiatan yang bermanfaat kepada masyarakat sekitar," ujarnya.

Disela-sela kegiatan kirab panji juga dilaksanakan bakti sosial berupa pembagian  bingkisan sembako kepada kaum dhua’fa oleh PC NU. Doa yang dibacakan oleh Rois Syuriah PCNU Kabupaten Malang KH. Zainul Arifin dan KH. Munsif Nahrowi menjadi penutup kirab sebelum berlanjut. 

MWCNU Lawang adalah tujuan berikutnya dari kegiatan kirab panji.  Penyambutan dilakukan di Pondok Pesantren  AL Qonun. Dihadiri oleh  ketua Tanfidziyah MWC NU Lawang, Rois Syuriah MWC NU Lawang dan jajaran pengurus Cabang Kabupaten Malang serta jajaran banom NU Lawang.
serah terima bendera merah putih dan Panji NU dilaksanakan di pondok pesantren Al-Qonun Lawang. Kemudian dilanjutkan dengan arakan mobil keliling kecamatan Lawang.

 Dibeberapa titik iring-iringan mobil kirab nampak disambut oleh banom-banom dengan di iringi drumband dari siswa MI. Setelah itu tim kirab melanjutkan untuk ziaroh ke makom KH. Khozin dan dilanjut dengan tabarukan ngaji kitab Arbain Nawawi di makam tersebut.

Terlihat juga ada kegiatan lain,  dilaksanakan bakti sosial oleh PC Laziznu Kab Malang kepada masyarakat yang membutuhkan di sekitar kecataman lawang. Kegiatan terakhir yaitu doa yang dipimpin langsung oleh Rois Syuriah MWC NU Lawang

Berakhir di MWCNU Pakis, Penyambutan dilakukan di Kantor MWCNU Kecamatan Pakis. Dihadiri oleh  ketua Tanfidziyah MWC NU Pakis, Rois Syuriah MWC NU Pakis dan jajaran pengurus beserta banomnya KONFORPIMCAM Kecamatan.

Pelaksanaan Serah terima Bendera Merah Putih Dilaksanakan di Kantor MWCNU Kecamatan Pakis pada Pukul 13.30. Prosesi ceremonial berjalan selama 30 menit, kemudian dilanjut dengan ziaroh ke makom muasis nu kecamatan pakis yang berjumlah 6 titik. 

"Setelah ba’da magrib tim kirab istirahat di pondok pesantren Al Ghozali Pakis Kembar Kecamatan Pakis. Kirab akan dilanjutkan besok dengan rute Kecamatan Jabung, Tumpang dan Karangploso," jelas Muhammad Fatoni, panita Kirab pada JatimSatuNews, Jumat 27/1/2023.


 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hari Pertama Kirab Panji NU Kabupaten Malang, Dihadiri Ketua PCNU dan Wabup

Trending Now