HAB KEMENAG 77, Bupati Pasuruan Bagi-bagi Penghargaan

Anis Hidayatie
04 Januari 2023 | 04.00 WIB Last Updated 2023-01-04T02:24:13Z
Bupati Irsyad Bagi bagi Penghargaan

PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM: HAB Kemenag, Bupati Irsyad Bagi bagi Penghargaan.
Awal tahun 2023 merupakan awal yang berarti bagi Kementrian Agama. Setiap tanggal 3 Januari setiap tahunnya menjadi peringatan atas hari lahir Kementrian Agama, yang lebih dikenal sebagai Hari Bakti Amal Kementerian Agama (HAB Kemenag). 

Selasa, 3 Januari 2023, peringatan HAB Kemenag ke-77 kabupaten Pasuruan dilangsungkan di lapangan Madrasah Aliyah Ngeri (MAN) Insan Cendekia Pasuruan. Berlokasi di dusun Kajarkuning desa Kedawung Wetan kecamatan Grati kabupaten Pasuruan, upacara dimulai pukul 07.00 WIB. 

Dihadiri oleh Bupati Pasuruan, H.M. Irsyad Yusuf selaku inspektur upacara, Kepala Kementerian Agama kabupaten Pasuruan beserta jajaran ASN, dewan guru dan siswa siswi perwakilan dari beberapa sekolah dalam naungan Kementerian Agama Pasuruan. 

 Dalam pidatonya, bupati Pasuruan yang biasa dipanggil Gus Irsyad menyampaikan amanat dari Menteri Agama. Bupati menghimbau kepada jajaran pegawai dan Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama agar menjadikan peringatan ini sebagai momentum untuk membangun soliditas Kemenag yang kuat, kokoh dan terorganisir untuk memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat. 

 Tagline yang diusung oleh Kemenag di tahun ini adalah "Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat". Kerukunan menjadi prasyarat pembangunan Nasional, karena hanya dengan terciptanya stabilitas dan perdamaian dalam kerukunan umat beragama maka cita-cita pembangunan Nasional akan lebih mudah tercapai. 

Hal ini sejalan dengan tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia menjelang Pemilu 2024. Perbedaan pilihan politik, penggunaan tempat ibadah sebagai tempat kampanye, politisasi isu agama untuk memperoleh suara merupakan beberapa contoh yang akan mewarnai dinamika kerukunan umat. 

 Pada kesempatan kali ini, Gus Irsyad menyematkan penghargaan Satya Lencana Karya Setia dari Presiden Republik Indonesia kepada ASN Kemenag kabupaten Pasuruan yang telah mengabdi selama 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun. Kepala Kemenag Kabupaten Pasuruan, H. Syaikhul Hadi merupakan salah satu penerima penghargaan bergengsi ini.

 Penghargaan Satya Lencana Karya Setia dari Presiden RI di tahun 2023 ini dianugerahkan kepada 10.073 Pegawai Negeri Sipil Kemenag di seluruh Indonesia.

 Sebanyak 936 orang untuk masa bakti 30 tahun, 2.860 orang untuk masa bakti 20 tahun dan 6.277 orang untuk masa bakti 10 tahun. Penghargaan lain diberikan untuk Guru Tauladan Nasional. Adalah Syamsul Ma'arif, kepala MAN IC Pasuruan yang meraih penghargaan ini. 


 Selain itu, berbagai penghargaan juga diberikan kepada para sisiwa siswi dari RA, MI, MTs dan MA se-kabupaten Pasuruan yang telah berprestasi baik di tingkat Nasional maupun tingkat Internasional sepanjang tahun 2022.

 Penghargaan lain yang tak kalah hebatnya adalah hibah tanah 9 hektar ke MAN IC untuk bisa dimanfaatkan lebih lanjut demi kemajuan pendidikan dalam naungan Kementerian Agama. Semangat Transformasi Layanan Umat yang menjadi tag line Kementrian Agama di tahun 2022 silam, secara bertahap telah tampak hasilnya. 

Berbagai pencapaian Kementerian Agama tampak dalam birokrasi yang lebih lincah dan responsif, transformasi digital pelayanan (yang dikenal sebagai Pusaka Super), lembaga pendidikan binaan Kementerian Agama yang terus berprestasi di tingkat Nasional maupun Internasional. Terhitung 22 penghargaan diraih oleh Kementerian Agama selama kurun tahun 2022. Dengan semangat ini, Kementrian Agama terus berbenah untuk mengabdi dan memberi pelayanan yang lebih baik lagi kepada umat. Lee/Sa
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • HAB KEMENAG 77, Bupati Pasuruan Bagi-bagi Penghargaan

Trending Now