Siap-siap 19 Desember, FPK Kabupaten Pasuruan Ikuti Rapat Persiapan Upacara Bela Negara

Anis Hidayatie
13 Desember 2022 | 05.03 WIB Last Updated 2022-12-12T22:03:18Z
FPK Kabupaten Pasuruan Ikuti Rapat Persiapan Upacara Bela Negara 
PASURUAN I JATIMSATUNEWS.COM: Baru Pertama diadakan, rapat persiapan upacara Bela Negara diadakan oleh Bakesbangpol,  Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Pasuruan di Gedung Lantai 3 Kantor Bakesbangpol komplek perkantoran Raci Bangil Kabupaten Pasuruan pada 12/12/2022.

Berlangsung sejak pukul 09.30 acara rapat persiapan melibatkan berbagai unsur aparat dan instansi, tercatat setidaknya ada 27 unsur yang diundang dalam acara persiapan tersebut. TNI, Polri, Disdik juga lembaga-lembaga pemerintah yang berada di bawah binaan Kesbangpol seperti FPK, Forum Pembauran Kebangsaan. 

Direncanakan akan diselenggarakan pada Senin 19/12/2022 menurut Sekretaris Kesbangpol Ary Widodo yang memimpin rapat upacara ini adalah yang pertama kali diadakan dalam sejarah upacara-upacara di Indonesia.

"Kegiatan upacara Bela Negara ini baru pertama diadakan sesuai surat edaran Kementrian Pertahanan Republik Indonesia perihal permohonan melaksanakan Upacara Hari Bela Negara," cetus Sekban Ary. 

Hasil rapat memutuskan bahwa tempat pelaksanaan adalah di UPT Rejoso dengan pasukan peserta upacara dan undangan sekitar kurang lebih 500 orang.

"Kami insya Allah siap datang dengan satu pasukan," cetus H Gunawan dari FPK yang hari itu datang bersama pengurus Ikhyak dan Bli Ketut mengenakan batik merah motif garuda. 

Tentang tujuan upacara, secara gamblang Kabid di Kesbangpol Mulyono yang ikut rapat koordinasi menyebut bahwa pemerintah ingin menyampaikan bahwa pemerintah hadir bagi masyarakat selain sebagai momentum mengingat kembali agresi Belanda 19 Desember 1948.

"Melalui upacara, pemerintah ingin menyampaikan sebuah momen penting yang telah terjadi dalam mempertahankan kemerdekaan yakni mengenang kembali agresi militer Belanda 19 Desember 1948. Upacara diadakan dalam rangka menumbuhkembangkan semangat Bela Negara pada Bangsa Indonesia," jelas Kabid Mulyono. 

Sementara itu dari unsur aparat, Yanto bagian operasi dari Polres Pasuruan menyatakan kesiapan untuk menerjunkan personil pengamanan dan ikut upacara.

"Sesuai rapat kami siap menerjunkan satu pleton gabung dengan rekan-rekan yang lain, " cetusnya usai acara.

Berlangsung hingga pukul 12.00 siang beberapa kesepakatan terutama soal jumlah personil  yang diundang serta aparat untuk mengatur lalulintas ditetapkan. Siap menuju Upacara Bela Negara pada Senin tanggal 19 Desember 2022.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Siap-siap 19 Desember, FPK Kabupaten Pasuruan Ikuti Rapat Persiapan Upacara Bela Negara

Trending Now