Pesantren, Icon Desa Berdaya Sidogiri

Anis Hidayatie
13 Desember 2022 | 23.24 WIB Last Updated 2022-12-13T23:00:11Z
Pesantren, Icon Desa Berdaya Sidogiri 
PASURUAN I JATIMSATUNEWS.COM: Tak ada yang lebih terkenal dari desa Sidogiri selain pesantren,  yakni pesantren Sidogiri. Sebuah Icon melekat berpuluh tahun yang membawa nama Sidogiri ke seantero Indonesia, sebagaimana dikatakan Kades Sidogiri Ali Makki pada Selasa, 13/12/2022. 

"Tidak ada yang lebih terkenal dari Sidogiri sebagai pesantren untuk itu anugerah desa Sidogiri sebagai Desa Berdaya juga akan mengangkat Icon tersebut. Sidogiri sebagai desa yang mendapatkan predikat mandiri tetap akan menjadikan pesantren sebagai brand desa Sidogiri," cetus Kades. 

Diketahui desa mandiri adalah desa yang mempunyai ketersediaan dan akses terhadap pelayanan dasar yang mencukupi, infrastruktur yang memadai, aksesibilitas/transportasi yang tidak sulit, pelayanan umum yang bagus, serta penyelenggaraan pemerintahan yang sudah sangat baik. Sidogiri dalam hal ini,  menurut tim penilai telah memenuhi syarat tersebut sehingga layak disebut mandiri dan menjadi desa berdaya. 

Mengenai hal tersebut lebih lanjut Kades Ali Makki menyebut akan memberikan peluang seluas-luasnya pada warga Sidogiri untuk ikut berperan aktif bangkit dari Covid dengan menyediakan lahan bagi warga Sidogiri membuka lapak di lapangan parkir depan pesantren.

"Kami berikan kesempatan kepada warga Sidogiri untuk mengisi lapak di area parkir depan pesantren.  Semoga bisa memacu tumbuhnya perekonomian warga Sidogiri sesudah mengalami surut akibat Covid-19," cetus Kades. 

Disampaikan di hadapan sekitar 200 an warga Sidogiri dan pejabat terkait,  kegiatan launching Sidogiri Desa Berdaya juga mengundang masyarakat untuk mendapatkan sertifikat PTSL. (ans/angga)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pesantren, Icon Desa Berdaya Sidogiri

Trending Now