Korsik Pukau Peserta Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-77 di Kabupaten Pasuruan

Anis Hidayatie
19 Desember 2022 | 21.37 WIB Last Updated 2022-12-19T15:23:30Z
Korsik (Korps musik) mengiringi pelaksanaan upacara Hari Bela Negara
PASURUAN I JATIMSATUNEWS.COM: Perhelatan Upacara  Peringatan Hari Bela Negara ke-74 tahun 2022 berlangsung di Halaman UPT Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan, Korsik (Korps musik) mengiringi pelaksanaan upacara yang dipimpin Dandim 0819, Letkol Inf. Nyarman pada, Senin pagi 19/12/2022.

Hari Bela Negara bertemakan “Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku”, Dandim 0819, menyampaikan sambutan Presiden bahwa seluruh warga negara harus memiliki semangat, kesadaran dan kemampuan Bela Negara. Harus terus membangun sumber daya manusia yang unggul, inovatif dan berdaya saing serta memiliki kesadaran Bela Negara.

Setelah mengheningkan cipta untuk mengingat jasa para pahlawan, upacara diisi dengan pembacaan ikrar bela negara. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan surat edaran sambutan Presiden Republik Indonesia yang dibacakan oleh Inspektur Upacara Dandim 0819, Letkol Inf. Nyarman.

Surat edaran yang dibacakan tersebut menyebutkan bahwa pada 19 Desember 2022 merupakan peringatan Hari Bela Negara ke-74 yang dapat diperingati bersama-sama. Melalui peringatan Hari Bela Negara ini, diharapkan mampu meneguhkan niat bersama untuk dapat berupaya membela negara yang dilakukan oleh semua komponen bangsa.

"Upaya membela negara merupakan upaya bersama yang dilakukan oleh semua komponen bangsa. Semua warga negara harus memiliki semangat, kesadaran dan kemampuan untuk membela negara serta harus memiliki daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang berkembang pesat dan komplek dalam segala bidang," ujarnya.

Berlangsung sejak pagi tepat pukul 08.00 penampilan korsik, korps musik Marching Band Bakesbangpol Kabupaten Pasuruan menyita perhatian. 

H. Gunawan, kiri memegang buku Jejak Pembauran Kebangsaan karya FPK Kabupaten Pasuruan. 
"Penampilan korsik Bakesbangpol Kabupaten Pasuruan sempurna, mampu mengiringi tiap bagian upacara dengan sangat baik,  suara alat musimnya juga sangat mantab. Pas mengiringi upacara Bela Negara," ungkap H Gunawan, pengurus harian FPK, Forum Pembauran Kebangsaan yang hari itu datang bersama pengurus lain mengenakan hem biru langit.

Senada,  peserta lain dari FKUB Alif melontarkan hal yang sama. 

"Suaranya menggelegar utuh,  indah didengar telinga," cetus Alif,  sekretaris FKUB yang mengikuti upacara dari tribune undangan.

Menjadikan kegiatan upacara lebih menarik, kehadiran korsik Bakesbangpol mampu membuat peserta upacara ta'dzim mengikuti setiap sesi acara. 

Sesuatu yang oleh Kabid Wasbang sekaligus penanggung jawab kegiatan Mulyono memang dipersiapkan khusus. 

"Kami memang menyiapkannya khusus untuk Upacara Bela Negara, pertama kali diadakan dalam sejarah berdirinya NKRI,  harapannya dengan hadirnya korsik suasana lebih hikmat bisa didapatkan, " ungkap Mulyono. 

Nampak hadir di tribun undangan,  Asisten 1 Kabupaten Pasuruan, Kepala Badan Kesbangpol Edy Priyanto, Kepala Dinas Pendidikan Hasbulloh juga para camat dari beberapa daerah di Kabupaten Pasuruan.(Ans)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Korsik Pukau Peserta Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-77 di Kabupaten Pasuruan

Trending Now