Istimewa, Hadiah Emas untuk Juara Lomba Cipta Puisi Pasuruan Raya Komalku

Anis Hidayatie
12 Desember 2022 | 04.51 WIB Last Updated 2022-12-11T23:33:30Z
Istimewa,  Hadiah Emas untuk Juara Lomba Cipta Puisi Pasuruan Raya Komalku
PASURUAN  JATIMSATUNEWS.COM: Lomba Cipta Puisi se Pasuruan Raya yang diadakan oleh Komunitas Menulis Buku (Komalku) Pasuruan Raya sejak bulan Juni 2022 akhirnya mencapai final. 

Minggu siang menjelang sore di tanggal 11 Desember 2022, bertempat di Taman Lansia kota Pasuruan, pengurus Komalku yang kompak mengenakan jilbab hijau toska tampak sibuk mempersiapkan acara.

Dihadiri oleh finalis 5 besar peserta mereka ditantang pula membuat puisi dadakan selain yang disetor untuk lomba.

Terlihat pembimbing peserta ikut menemani juga ketua umum Komalku Indonesia Anis Hidayatie, jauh jauh datang dari Pujon Malang menjadi juri lomba puisi. 

Acara dibuka pada pukul 14.30 WIB oleh Ketua Komalku Pasuruan Raya, Shanti Damayanti, sebagai ketua panitia. Terima kasih diucapkan berulang atas antusias peserta. 

"Event lomba cipta puisi yang diadakan Komalku Pasuruan Raya ini merupakan yang pertama kalinya diadakan secara offline, segala kekurangan dan keterbatasan mohon untuk dimaklumi", ujarnya.

Sebelum pengumuman juara, para peserta yang mendapat  tantangan untuk menulis puisi dadakan di tempat berpencar keliling taman lansia untuk mencari lokasi terbaik menulis puisi. 

Dengan tema "Kesejatian Cinta Ibu", para peserta diberi waktu hanya 1 jam. Hasil cipta puisi dadakan ini selanjutnya disetorkan kepada juri untuk dinilai oleh Anis Hidayatie, Pemimpin redaksi Jatim Satu News.

 Sambil menyebutkan puisi yang dinilai Anis berkesempatan membagi ilmu literasi kepada peserta. Wanita lincah yang akrab disapa Bunda Anis ini memaparkan sedikit tentang kaidah menulis puisi, diantaranya adanya judul puisi, titimangsa (waktu dan tempat penulisan puisi), penggunaan diksi, fokus pada tema, adanya kesinggungan tiap larik serta adanya pesan yang tersurat di dalamnya.

Dari 5 finalis yang ada, 

1. Akmal Luqman Ilmi Mashudha Rois (UPT SMPN 4 Kota Pasuruan)
2. Berliana Fajar Listyanti (MAN Kota Pasuruan)
3. Mariita Ekeniya (MTSN Kota Pasuruan)
4. Naura Novitasari (MTSN Kota Pasuruan)
5. Retno Palupi (Universitas Wiranegara)

3 dipilih sebagai juara. Yaitu : 
1. Akmal Lukmal I. M. R (SMPN 4 Pasuruan)
2. Retno Palupi (UNIWARA, Universitas Wiranegara)
3. Marita Ekeniya (MTsN Pasuruan)

Semua finalis berhak mendapatkan goodiebag yang berisi sertifikat keikutsertaan, Al-Qur'an terjemah, notes dan bollpoint dari sponsor.

Untuk juara 3 besar juga mendapatkan yang serupa ditambah sertifikat penghargaan dan minigold.
Juara 1 = 0,05 gr
Juara 2 = 0.025 gr
Juara 3 = 0.005 gr

Tentang lomba ini Shanti mengatakan akan terus mengagendakan rutin sebagai support literasi. 

"Selanjutnya mungkin kami akan undang ibu-ibu guru dan orang tua untuk menjadi peserta lomba menulis puisi bertema pesan orang tua pada anaknya.  Kalau saat ini kami batasi waktu hanya usia millenial  usia 13 sampai 20 selanjutnya mungkin 20 ke atas atau yang sudah menyandang status sebagai orang tua atau guru.l," cetus Shanti. 

Tentang hadiah emas yang diberikan Shanti menyebut sebagai penghargaan untuk generasi emas yang mempunyai minat pada literasi. 

"Mereka istimewa, generasi emas,  maka saya ingin hadiah emas ini mengingatkan pada peserta untuk benar benar menjadi generasi emas, " ungkap Shanti. 

Berlangsung hingga pukul 17.00 sore acara juga dihadiri Kabiro Jatim Satu News Pasuruan Raya Zainal Khozin. Berakhir dengan foto bersama dan wawancara dengan masing-masing peserta yang hasilnya bisa dilihat di IG komaku dan Youtube jatimsatunews.

Acara ini terselenggara dengan baik berkat kerjasama dengan beberapa sponsor, diantaranya Zahra Publisher, HOTSDa Pasuruan, TiaAz Shop, Althof Store, Coffee Shop Gang Tawab dan Jatim Satu News.

 (Ans/Lee)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Istimewa, Hadiah Emas untuk Juara Lomba Cipta Puisi Pasuruan Raya Komalku

Trending Now