Gelar Pendidikan Anti Korupsi pada Generasi Muda, KPK Kerjasama dengan SMPN 1 Lawanh

Admin JSN
01 Desember 2022 | 22.08 WIB Last Updated 2022-12-01T15:08:08Z
Gelar Pendidikan Anti Korupsi pada Generasi Muda, KPK Kerjasama dengan SMPN 1 Lawanh


MALANG I
JATIMSATUNEWS.COM: Kerjasama KPK dengan SMPN 1 Lawang Menyelenggarakan Pendidikan Anti Korupsi Pada Generasi Muda Lawang.

Lawang, Kamis, 1 Desember 2022 SMP Negeri 1 Lawang menyambut kehadiran Danramil Kecamatan Lawang Kapten Kavaleri Sugianto beserta staf, didampingi pengurus PGRI cab. Lawang di aula sekolah. Kehadiran beliau atas undangan Staf Bidang Kesiswaan SMP Negeri 1 Lawang ibu Khanifah sekaligus ketua panitia untuk menyampaikan materi Pendidikan Anti Korupsi kepada para siswa kelas IX sejumlah 288 anak, dan anggota OSIS SMPN 1 Lawang.
          

Acara Berjudul "Pendidikan Anti-Korupsi : Aku Anak Displin, Jujur, dan Bertanggung Jawab" diselenggarakan sejalan dengan misi KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) Indonesia yang telah mengkampayekan slogan Anti-Korupsi kepada sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Danramil telah memberikan materi yang sama di sekolah-sekolah se-Kecamatan Lawang, antara lain SMANELA, SMPN 3 Lawang dan sekolah-sekolah lain yang dijadwalkan bulan ini. 
          
Menurut Babinsa Kelurahan Kalirejo, Bapak Sujiono, penyampaian materi Anti Korupsi ini dipandang sangat penting untuk disampaikan kepada siswa sejak dini agar karakter jujur dan anti-korupsi terinternasilasi pada diri siswa. Pada usia ini karakter siswa masih mudah dibentuk dan diarahkan. Maka diharapkan dengan program ini akan terbentuk karakter generasi masa depan ke arah yang positif.  
          
Acara dibuka dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya pada pukul 10.00 WIB. Pengarahan dari Kepala Sekolah Bpk Drs Ridho Basuki, MSi, ditutup dengan Do"a oleh Ustadz Ali Shodiqin dan dilanjutkan dengan acara inti penyampaian materi pendidikan Anti korupsi bagi pelajar SMPN 1 Lawang yang disampaikan oleh Danramil Kec. Lawang. Pada kesempatan ini mula-mula Danramil Kapten Kav Sugianto memberikan arahan mengenai sikap tegap dan tegas menjawab salam agar siswa SMP Negeri 1 Lawang tampak selalu siaga dan bersemangat mengikuti materi yang diberikan. Juga arahan mengenai etika menyanyikan Lagu Indonesia yang harus diikuti dengan tertib dan bersungguh-sungguh.
          
Selanjutnya materi Anti Korupsi yang diberikan pertama mengenai pemberantasan anti-korupsi yang terdiri dari dua upaya, yaitu 1) penindakan, dan 2) pencegahan. Ini dilakukan tidak hanya oleh pemerintah saja melainkan juga melibatkan peran serta masyarakat. Maka upaya pencegahan yang dilaksanakan kepada kelompok pelajar diberikan mulai jenjang pendidikan dasar, menengah dan perguruan tinggi. SMP Negeri 1 Lawang sebagai lembaga pendidikan mendukung program Anti-Korupsi dengan melakukan pendidikan anti korupsi di sekolah.
          
Jenis korupsi antara seperti : Korupsi Uang Negara, Korupsi Suap Menyuap, Korupsi Tindakan Pemerasan, Korupsi Penggelapan Jabatan, Korupsi Gratifikasi, Korupsi Benturan Kepentingan dalam Pengadaan. Namun korupsi secara tidak langsung juga bisa kita temui di sekolah, seperti Korupsi Waktu, Korupsi hak dan kewajiban pelajar dan Mencontek. Mencontek adalah salah satu korupsi yang sering dilaksanakan siswa selama disekolah. Maka sekolah sebagai lembaga pendidikan diharapkan dapat menindak tegas bibit bibit korupsi salah satunya dengan menindak tegas siapapun yang melakukan contek menyontek baik itu untuk pemberi contekan dan juga mereka yang meminta dan mendapatkan hasil contekan.
          
Contoh sikap anti korupsi yang dapat dilakukan siswa antara lain : tidak menyontek saat ujian, tidak melakukan plagiarisme tidak bolos sekolah, selalu tepat waktu, mematuhi semua peraturan yang berlaku, melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab
belajar dengan rajin, jujur pada diri sendiri dan orang lain, mengakui kesalahan dan bertanggung jawab untuk memperbaikinya, membantu orang yang membutuhkan, tidak menggunakan Narkoba, bersikap rendah hati dan mandiri, alias tidak bergantung pada orang lain.
          
Pada akhir acara, Danramil Lawang memberikan beberapa pertanyaan tentang materi yang telah diberikan. Pertanyaan-pertanyaan ini dijawab dengan sigap oleh Anesa bernama Widya Nararia (8D), Laudia Sintya Bella (8B) dan Cheryl (9D). Mereka mendapatkan hadiah apresiasi dari Danramil Lawang Kapten kav. Sugianto dan Babinsa Kalirejo Bapak Sujiono serta Bpk Sunyoto mewakili pengurus PGRI kecamatan Lawang.

Acara ditutup oleh Bu Ropic Erna Iriani selaku pembawa acara sekaligus pembina OSIS SMPN 1Lawang dengan ucapan terima kasih kepada seluruh staf Koramil Lawang atas kerjasama yang baik dalam mendukung majunya pendidikan Anti-Korupsi di sekolah ini. (uk/ch/av)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gelar Pendidikan Anti Korupsi pada Generasi Muda, KPK Kerjasama dengan SMPN 1 Lawanh

Trending Now