Dewan Eko Sampaikan Wasbang di Grati, Kenalan Berbahasa Madura

Admin JSN
04 Desember 2022 | 12.18 WIB Last Updated 2022-12-04T05:33:34Z

Dewan Eko, jas biru sampaikan Wasbang di Grati,  Kenalan Berbahasa Madura. Minggu, 4/12/2022 
PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM: Di tengah pemukiman warga Desa Kalipang, Grati Kab. Pasuruan, Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan sampaikan pentingnya mengenal dan mencintai Indonesia melalui Wawasan kebangsaan. 

Berlangsung dari pukul 08.00 sampai 11.00 wib, Dewan Eko memiliki cara yang berbeda dalam menyampaikan pentingnya wawasan kebangsaan bagi warga Kalipang yang menjadi panah sasaran. Eko Suryono, Dewan Komisi I DPRD Kabupaten Pasuruan mengenalkan diri juga berbicara menggunakan bahasa Madura yang fasih.  Sesuai dengan suku mayoritas daerah di Kalipang, yakni Madura. 

Menghadirkan Narasumber dari Universitas Yudharta Pasuruan, Dr. Khoirul Huda, yang sekaligus menjabat sebagai Wakil ketua Rektor III. Dalam penyampaiannya, Huda mengajak warga Kalipang untuk cinta NKRI dan menanamkan Jiwa Nasionalme.

"Sebelum indonesia ini didirikan mempunyai cita-cita, yakni merdeka, berdaulat, adil dan makmur. Dan memiliki tujuan sebagaimana UUD 45 alenia ke 4, yang akhirnya terbentuklah namanya Pancasila. Artinya Pancasila ini menjadi dasar/Riil yang termatub sebagaimana UUD 45 itu tadi, " tegas narasumber. 

Menyampaikan wawasan kebangsaan serta untuk cinta NKRI, Huda mengajak peserta merapkan jiwa nasionalisme. "Bahwa wawasan kebangsaan itu harus diterapkan, terutama kepada generasi Muda Indonesia," pungkas Huda mengakhiri Pidatonya.

Selepas meninggalkan kursi Pembicara, Khoirul Huda langsung bergegas meningkalkan lokasi Sosisalisi. Disambung, penyampaian dari Ketua Bakebangpol Kabupaten Pasuruan, Eddy Supriyanto.

 "Warga NU tidak akan meninggalkan Pancasila, selayaknya Pendiri Nahdhatul Ulama' terdahulu," ujar Eddy dalam sambutannya. 

Koordinator pelaksana, Haniffikri, S.Pd, warga asli Desa kalipang yang menjabat sebagai kepala Madrasah di MA Almasa Grati menyampaikan rasa terimakasih kepada sang Dewan, undangan dan juga peserta yang hadir. 

“Terimakasih saya sampaikan kepada Pak Eko Suryono dan Bakesbangpol yang telah menyelenggarakan acara ini, semoga acara hari ini berjalan lancar tanpa halangan apapun hingga akhir," ungkap Hanif.

Didepan peserta yang antusias, Eko didampingi Kepala Bakesbangpol Eddy Supriyanto, Mulyono, dan Kades Kalipang, menyampaikan dalam sambutannya tentang dirinya, perjalan hidup sebagai Dewan di Komisi I Kab. Pasuruan.

 “Kauleh kancanah Hanif, kanca kuliah Hanif, kauleh sebelumme tak kenal politik, tak pernah ngereng politik, dimen kauleh ngereng ben aktif di LPBH PCNU Kabupaten Pasuruan, Kok dilalah kenal sama Pak Muzammil, sama pak Muzammil epakon nyalon deddi dewan, deri kassak pon perjalanan kauleh deddi anggota dewan sampek semangken, berkat dukungan ben do'a warga kalipang," ungkap Eko dalam bahasa Madura

Saya temannya hanif, teman kuliah, saya sebelumnya tidak kenal politik, saya dulu ikut dan aktif di LPBH PCNU Kabupaten Pasuruan, kok dilalah kenal sama Pak Muzammil, kemudian sama Pak Muzammil disuruh nyalon jadi dewan, nah dari situlah perjalanan saya menjadi anggota dewan hingga saat ini, semua berkat dukungan dan do'a warga kalipang. 

Mendapat pernyataan positif dari peserta, dianggap menghibur, menyentuh, juga lucu. 

 “Ijin Pak Eko, bahwa Pak Eko Lucu, menyentuh hati, Insyaallah masyarakat akan lebih Respek dan tambah respek, Amin," ucap Solihin. 

Hingga acara berakhir dan ditutup do’a oleh Ustadz Solihin, sang dewan berfoto dan beramah tamah berjabat tangan dengan peserta warga Kalipang, dan singgah dikediaman Hanif, teman akrabnya.  (Angga)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dewan Eko Sampaikan Wasbang di Grati, Kenalan Berbahasa Madura

Trending Now