Berlangsung Sangat Meriah, Bupati Lepas Peserta Daul Combo-dug dalam Pesta Harjad Sampang ke 339

Admin JSN
18 Desember 2022 | 00.52 WIB Last Updated 2022-12-17T17:56:24Z
 
Berlangsung Sangat Meriah, Bupati Lepas Peserta Daul Combo-dug dalam Pesta Harjad Sampang ke 339

SAMPANG I
JATIMSATUNEWS.COM: Menjelang Hari Jadi Sampang yang ke 399 Tahun 2022  Kabupaten Sampang, Sampang gelar beberapa acara antara lain Festival batu akik, dan Roadrace Jatim Piala Bupati dan malam ini digelar Parade Musik tradisional Daul combodug yang di ikuti beberapa Peserta penikmat Musik tradisional khas Madura. Sabtu ,17/12/2022 Malam.

Parade musik daul combo di buka langsung oleh Bupati Sampang H. Slamet Junaidi dengan di dampingi Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, juga Sekda Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiyawan, Forkopinda Kabupaten Sampang, Kapolres Sampang, Kodim 0828 Sampang. Parade daul Combodug berstart dari Monumen dan finis Taman Trunojoyo, jln. Wijaya kusuma Sampang. pada jam 09.00 hingga selesai. 


Dalam rangka hari jadi Sampang yang ke 399 Tahun 2022 , Bupati Sampang memberi Hadiah terindah kepada masyarakat Kabupaten Sampang, dimana setelah sekian lama parade musik tradisional daul combodug di fakumkan akibat virus Covid-19. Sampai kini budaya kesenian tradisional Kabupaten Sampang Madura di gelar kembali. 

"Kalian semua jadi saksi, Karna sekian lama kesenian musik tradisional combodug tiada, kini saya pastikan masyarakat Sampang  senang dengan adanya acara ini, ini adalah hadiah kepada masyarakat Kabupaten Sampang Karna jelang hari jadi Sampang yang ke 399 Tahun 2022, semoga Sampang jadi Kabupaten yang lebih maju, lebih baik dan terus berinovasi," ucap Bupati Sampang. 

Kini Antusias masyarakat Sampang sangat luar biasa banjiri jalan raya untuk menyaksikan langsung acara tersebut, sekitar ada 23 Peserta yang ikut serta memeriahkan acara parade musik tradisional ini. 

Sehingga Acara tersebut menjadi buah bibir masyarakat Sampang, pasalnya dari sekian lama musik tradisional ini di tiadakan, namun di hari jadi Sampang ini, bupati Sampang adakan lomba dalam tema "Special Night carnival 2022 Du Areh Du Malem E Sampang " Budaya Menyatukan Nusantara. 

"Saya selaku masyarakat Sampang senang dengan adanya kembali musik tradisional, ini merupakan Kadu terindah yang di berikan oleh Bapak Bupati pada masyarakat Sampang, karna sudah lama tidak ada hampir 4 tahun, makanya banyak masyarakat yang menonton langsung, Mungkin bukan Sampang saja, pasti banyak juga yang dari luar Sampang Karna antusiasnya luar biasa, jadi saya ucapkan banyak terimakasih kepada Bupati Sampang," ucap salah satu penonton yang hadir dalam acara ini.

Musik tradisional adalah suatu musik yang terlahir dari leluhur kita dulu, Sejarah lahirnya musik daul hingga kini belum diketahui. Tapi, dengan eksisnya keberadaan dan banyak perkumpulan di Madura, khususnya di kota yang begitu fanatik dan kental ragam seninya kini menjadi bukti bahwa Madura merupakan tanah yang kaya akan karya seninya.

Kini, musik tersebut menjadi salah satu kesenian yang sering banyak ditampilkan dalam berbagai kegiatan. Sehingga musik tradisional tersebut sulit untuk di lupakan dalam kesenian budaya Indonesia terkhusus di pulau Madura itu sendiri. 

"Jangan pernah melupakan Seni budaya yang dari dulu tertanam dalam budaya kita, karna pada dasarnya karya itu terletak pada nilai seni yang memiliki kualitas dan menjadi ciri khas tersendiri nan kuat antar budaya," tutupnya.

Fach
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Berlangsung Sangat Meriah, Bupati Lepas Peserta Daul Combo-dug dalam Pesta Harjad Sampang ke 339

Trending Now