Ketua Komnasdik Jatim Sebut MOU Antara Kejaksaan dan Cabang Dinas Kabupaten Malang Akan Jadi Contoh Baik bagi Daerah Lain

Admin JSN
02 November 2022 | 17.01 WIB Last Updated 2022-11-02T18:14:25Z
MOU Antara Kejaksaan dan Cabang Dinas Kabupaten  Malang 
MALANG I JATIMSATUNEWS.COM: Penanda tanganan MOU antara Kejaksaan Negeri Malang dan Cabang Dinas Kabupaten Malang tentang koordinasi dalam melaksanakan tugas dan fungsi telah berlangsung  hari ini,  Rabu 2/11/2022.

Bertempat di Kejaksaan Negeri Kabupaten MalangJl. J.A. Suprapto No.1, Cepokomulyo, Kec. Kepanjen, Kabupaten acara bertajuk Penandatanganan Kesepahaman Bersama antara Cabang Dinas Wilayah Kabupaten Malang dengan Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang Tentang Koordinasi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi berlangsung lancar. Dari dimulai pukul 08.00 hingga berakhir sekitar pukul 10.00 tak ada kendala apapun yang menghalangi jalannya penanda tanganan.

Dra. Anny Saulina, M.Si Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Malang merupakan pihak pertama dalam nota tersebut,  sedangkan pihak ke dua adalah Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang Dr. Diah Yuliastuti, SH, MH. 

Disebutkan dalam MOU tersebut bahwa para pihak telah sepakat untuk mengadakan kerjasama di bidang Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara. Meliputi Bantuan Hukum  (Pemberian pendapat hukum, pendampingan hukum dan audit hukum), Pengamanan dan Pemulihan Asset dan Tindakan Hukum Lainnya serta Peningkatan Sumber Daya Manusia.

Sebuah terobosan luar biasa mengingat hari-hari terakhir ini beberapa pemangku sekolah tiba-tiba tersangkut hukum tanpa dia tahu awal mulanya,  seperti yang dialami Kepala Sekolah sebuah SMAN di Kabupaten Malang yang didemo siswanya. Juga pemanggilan beberapa Kepala Sekolah oleh pihak kejaksaan. 

"Alhamdulillah, MOU ini banyak membantu kami kepala sekolah, terutama dalam pendampingan hukum, menjadikan kami lebih tenang dalam menjalankan tugas, " ungkap salah satu peserta,  Kepala Sekolah di Kabupaten Malang

Ikut menyaksikan penandatanganan adalah Kapolres Kabupaten Malang Putu Kholis.

Setelah penandatanganan MOU dilanjutkan pemberian materi dengan nara sumber Kepala seksi perdata dan tata usaha negara kabupaten Malang Erfan dari Kejari Kabupaten Malang. 

Acara Penandatanganan menghadirkan Ketua MKKS SMA Negeri dan anggota,  Ketua MKKS SMK Negeri dan anggota, Ketua MKKS SMA Swasta dan anggota, Ketua MKKS SMK Swasta bersama anggota serta Ketua MKKS PK-PLK Negeri dan Swasta bersama anggota. 

Terkait terselenggaranya kegiatan Penandatanganan Kesepahaman Bersama antara Cabang Dinas Wilayah Kabupaten Malang dengan Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang ini Ketua Komnasdik, Komisi Nasional Pendidikan Provinsi Jawa Timur Kunjung Wahyudi menyatakan kebahagiaannya.

"Alhamdulillah, sudah ditandatangani MoU antara Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Malang dengan Kejaksaan Negeri Kab Malang.  Di Kabupaten Malang akan menjadi percontohan untuk Kabupaten-Kota lainnya di Jawa Timur," ungkap Kunjung. 

"Diharapkan kedepan Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang bisa memberikan Edukasi terkait masalah hukum di Pendidikan khususnya SMA-SMK dan PKPLK di Kabupaten Malang agar semua melek hukum. Begitu juga sebaliknya Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Malang akan memberikan informasi dan data kepada Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang jika ada pengaduan dari oknum LSM dan oknum Media," lanjutnya. 

"Sehingga permasalahan bisa diselesaikan secara damai dan kekeluargaan, dan proses belajar mengajar di SMA-SMK-PKPLK di Wilayah Kab Malang bisa berjalan dg baik dan lancar," jelas Kunjung dalam wawancara khusus dengan Jatim Satu News Rabu,  2/10/2022.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ketua Komnasdik Jatim Sebut MOU Antara Kejaksaan dan Cabang Dinas Kabupaten Malang Akan Jadi Contoh Baik bagi Daerah Lain

Trending Now