IKAPENMA IAI AL Qolam Gondanglegi Malang Gelar Pelatihan Menulis Itu Mudah Jilid 2

Admin JSN
04 November 2022 | 20.54 WIB Last Updated 2022-11-04T13:54:56Z
Peserta  Pelatihan Menulis itu Mudah Jilid 2 IKAPENMA IAI AL Qolam Gondang Legi

MALANG I JATIMSATUNEWS.COM: Siang usai sholat Jumat, para mahasiswa IAI, Institut Agama Islam Al -Qolam Malang berkumpul di Auditorium. Mereka terlihat khusyuk  mengikuti sebuah acara yang diadakan oleh UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) IKAPENMA. Yakni pelatihan menulis  bertajuk Menulis itu Mudah pada Jumat, 04/11/2022.

Peserta pelatihan berasal dari berbagai jurusan,  tak hanya diikuti oleh mahasiswa jurusan Tadris Bahasa Indonesia melainkan juga jurusan lain.

"Semua mahasiswa boleh ikut serta dalam kegiatan tersebut," ungkap ketua panitia pelaksanaan Miftah.

Acara diawali dengan pembukaan sekaligus doa pembuka. Disampaikan oleh Miftahul Jannah selaku pembawa acara. Selanjutnya  pesan sambutan disampaikan Muslihin, senior di IKAPENMA yang telah menerbitkan  buku berjudul Filsafat Tauhid Cinta.

 " Bakat bukan soal kelebihan melainkan, soal kesungguhan," ujar Muslihin menutup sambutan. 

Materi utama disampaikan oleh Ketua Komalku,  Komunitas Menulis Buku Indonesia Anis Hidayatie, Penulis  yang memiliki banyak karya buku juga digital. 

Mengawali penyampaian  materi Anis langsung memberikan tugas kepada para mahasiswa. Meminta peserta memperkenalkan dirinya,  berbentuk teks narasi minimal 50 kata.

"Agar lebih kenal karakter  masing-masing peserta coba tulis brand tentang dirimu. Nama, tempat tanggal lahir,  alamat,  hobby,  motto juga kalau perlu tunjukkan sisi istimewa dari dirimu agar orang yang kenal langsung terkesan, " perintah Anis. 

Mengoreksi dan membetulkan cara penulisan dilakukan Anis ketika peserta mengupload  biodata narasinya di grup peserta.

"Tugas membuat biodata narasi ini bukan semata untuk berkenalan akan tetapi juga menjadi salah satu materi latihan bagaimana membiasakan menulis dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar.  Misal penggunaan tanda baca, huruf kapital, imbuhan, hingga preposisi. Itu semua sudah kita pelajari saat SD akan tetapi sering kita abaikan dalam penerapan, " papar Anis sembari mengoreksi karya satu per satu. 

Tuntas mengoreksi, jelang akhir sesi Anis memberikan tugas membuat artikel dengan tema Alqolam Pilihanku, judul bebas,  minimal 300 kata.  Pengumpulannya dilakukan  pada pertemuan berikutnya.

Pada akhir sesi Anis Hidayatie memberikan motivasi dan semangat bagi para mahasiswa agar tidak mudah menyerah saat melakukan  perjalanan menjadi seorang penulis. 

" Setiap lomba penulisan usahakan ikut, itu adalah kesempatan emas untuk mengasah kemampuan kita dalam menulis," ujarnya.

Pukul 15:30 WIB acara pelatihan selesai. Ditutup dengan pembacaan doa yang dibacakan oleh Anis Hidayatie sendiri senelum sesi foto bersama.


Kontributor : M. Khoirul Anam
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • IKAPENMA IAI AL Qolam Gondanglegi Malang Gelar Pelatihan Menulis Itu Mudah Jilid 2

Trending Now