Dirikan Padepokan Bonsai Pantura, Berikut Harapan Purwanto

Admin JSN
04 November 2022 | 17.46 WIB Last Updated 2022-11-04T10:46:22Z
Dirikan Padepokan Bonsai Pantura, Berikut Harapan Purwanto

SAMPANG I
JATIMSATUNEWS.COM: Purwanto adalah seniman bonsai Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang Madura yang terkenal baik ditingkat Daerah, Provinsi dan Nasional.

Sekarang diusianya yang ke- 52 tahun, Purwanto membuat " PADEPOKAN BONSAI PANTURA " yang disuport langsung oleh Wismilak Diplomat, Jet Metic Foundation H. Ahmad Hakiki, dan Bos Prabu Sakti atau Kades Ketapang Daya Moh. Wijdan dan Bambang Suharyadi Camat Ketapang. Dia pun salah satu anggota dari Persatuan Pecinta Bonsai indonesia (PPBI) Kabupaten Sampang.

Bahkan dia menjadi juara BEST IN CLASS UTAMA di Pameran yang dilaksanakan oleh Persatuan Pecinta Bonsai indonesia (PPBI) Kabupaten Pemekasan.

Kini H Purwanto diakui sebagai salah satu inovator dan dianggap sebagai salah satu seniman bonsai di Kecamatan Ketapang.

“Saya sejak tahun 1996 sudah bergelut di dunia bonsai, namun sempat berhenti lama hingga memulainya kembali pada tahun 2016," kata H Purwanto saat ditemui di Padepokan Bonsai Pantura di Jalan Raya Katapang Daya, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang Madura, Provinsi Jawa Timur. Kamis, 4/11/2022.

H Purwanto mengatakan, tujuan mendirikan Padepokan Bonsai Pantura ini sebagai wadah untuk silaturahmi dan ingin mengenalkan Sampang pada umumnya dan Ketapang pada khususnya lewat kesenian bonsai, serta ingin membuka peluang ekonomi dan ingin menjembatani masyarakat atau teman-teman yang cinta bonsai atau tidak.

“Bonsai ini juga bisa sebagai penambah pundi-pundi penghasilan. Sebab bonsai memiliki harga tinggi, apalagi bonsai yang sudah jadi dan memenangkan kontes,“ ujarnya.

Lanjut H Purwanto menuturkan, saya akan menggelar nonton bareng piala dunia mendatang di Pedepokan Bonsai Pantura ini.

"Semoga dengan diadakannya nonton bareng di Padepokan Bonsai Pantura ini bisa memperkuat tali silaturahmi antara seniman bonsai," harapnya.

Menurutnya, membuat miniatur dari tanaman asli yang hidup di alam bebas membutuhkan kesabaran dan keuletan. Selain itu juga butuh sentuhan imajinasi untuk membuat bonsai yang indah namun tetap alami.

“Namun yang perlu diingat, menjual bonsai ini tidak bisa cepat seperti bisnis tanaman lainnya, jadi harus sabar dan sering-seringlah ikut pameran bonsai,“ kata Purwanto.


Fach 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dirikan Padepokan Bonsai Pantura, Berikut Harapan Purwanto

Trending Now