32 BAGANA Diklatsus Hadapi Bencana di Pasuruan

Anis Hidayatie
25 November 2022 | 04.22 WIB Last Updated 2022-11-24T21:22:42Z
PASURUAN I JATIMSATUNEWS.COM:
Pendidikan dan Pelatihan Khusus BAGANA, Barisan Ansor Serba Guna Tanggap Bencana. Satkorwil Banser Jawa Timur, Satkorcab Banser Kabupaten Pasuruan. 25/11/2022.

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Pasuruan, Abdul Karim mengatakan, tujuan diadakannya pelatihan tersebut untuk meningkatkan kualitas kader Barisan Ansor Serbaguna (BANSER), khususnya di bidang kebencanaan.

"Mengingat, akhir-akhir ini di Kabupaten Pasuruan sering terjadi bencana tanah longsor, banjir, angin kencang dan lain sebagainya,” Tutur Abdul Karim.

Hendro Eko p, Kepala Satuan Khusus BAGANA  Kabupaten Pasuruan berharap agar anggotanya siap untuk di turunkan ke lokasi bencana.

“Sebelum anggota diturunkan ke lokasi bencana, mereka harus di bekali dengan pengetahuan kedaruratan bencana” tutur Hendro.

Kegiatan yang bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan diikuti oleh Anggota aktif Barisan Ansor Serba Guna dari beberapa daerah perwakilan di kabupaten pasuruan.

Peserta Diklatsus Bagana yang diikuti oleh 32 orang berasal dari kader Ansor di tingkatan Pimpinan Anak Cabang se-Kabupaten Pasuruan karena karena mempertimbangkan  masing-masing kecamatan memiliki potensi bencana yang berbeda, baik daerah dataran tinggi ataupun dataran rendah  yang kerap terjadi bencana di wilayah Kabupaten Pasuruan, diantaranya Kecamatan Tosari,Tutur, Puspo, Winongan, Rejoso, Gondang Wetan, Grati, Paserpan, Lumbang, Lekok, Nguling, dan  Kraton.

Kegiatan yang di selenggarakan pada senin- Selasa(21-22/11/22)  berpusat di Aula KH Wahab Chasbullah Kantor PC GP Ansor Kabupaten Pasuruan di warungdowo tersebut menghadirkan beberapa narasumber yang memliki kompetensi dalam penanggulangan bencana. 

Peserta wajib mengikuti seluruh materi pelajaran yang telah ditetapkan oleh penyelenggara antara lain Peran Bagana dalam penangulangan bencana, manajemen posko PB, Komunikasi, Navigasi, Survival, PPGD dan lain-lain.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Wahyu Wuriadi Kasatsus Bagana Jawa Timur turut memotivasi para peserta agar tetap semangat selama mengikuti Pendidikan dan Latihan.

Wahyu berharap agar anggota Bagana siap turun ke lokasi bencana dengan segala kemampuannya serta harus menyiapkan mental.

Sebagai akhir dari kegiatan tersebut dilakukan upacara penutupan sekaligus pembai’atan bagi seluruh peserta oleh Ketua PC NU Kabupaten Pasuruan KH. Imron M. (ABD)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 32 BAGANA Diklatsus Hadapi Bencana di Pasuruan

Trending Now