Istri Wagub Jatim Arumi Bachsin Kunjungi Lokasi Banjir Sumawe-Malang

Eko Rudianto
25 Oktober 2022 | 18.35 WIB Last Updated 2023-06-02T11:54:56Z


Arumi Bachsin Kunjungi Sumawe,Lokasi Terdampak Banjir Kabupaten Malang 

MALAN I JATIMSATUNEWS.COM: 25/10/2022 Istri Wakil Gubernur Jawa Timur Arumi Bachsin melalui Yayasan Aksi Baik miliknya mengunjungi daerah terdampak banjir yang melanda wilayah selatan kabupaten Malang pada 17 Oktober 2022 kemarin, sekitar 50 personil itu tiba di Kantor Desa Kedungbanteng pada pukul 16. 48 WIB. 

Tujuan dari kunjungan ini adalah secara untuk mengetahui secara langsung kondisi wilayah yang terdampak gempa, salah satunya adalah Desa Kedungbanteng Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang yaitu di SDN 4 Desa Kedungbanteng dan Dusun Kedung Mas, kerusakan itu antara lain Bangunan Sekolah yang runtuh tertimpa longsor, 3 rumah warga dan 1 musholla. 

Desa Kedungbanteng sengaja sebagai lokasi kunjungan karena disamping banyak lokasi yang terdampak, desa Kedungbanteng dirasa kurang mendapatkan perhatian dari relawan yang bergiat. "Kami sengaja datang kesini untuk melihat langsung lokasi terdampak bencana dan agar terjadi pemerataan penanganan" tutur Arumi. 

Disamping itu, rombongan datang tidak menggunakan protokol yang ketat, namun menggunakan Yayasan Aksi Baik dan Jember Bergerak agar tidak kendala birokarasi yang panjang. Karena dalam penanganan bencana harus cepat dan tepat. Disamping itu, hasil analisis ini nanti akan dibawa ke tingkat pemerintah provinsi untuk ditindaklanjuti. 

Kepala desa Kedungbanteng, Suwarno berharap semoga adanya uluran tangan dan tindaklanjut terkait bencana ini, utamanya dalam bentuk fasilitas umum. Beliau juga menyampaikan titipan dari Dinas Pendidikan untuk juga memperhatikan terkait Fasilitas Pendidikan. "Kami prioritaskan penananganan untuk fasilitas umum dan ada titipan dadi dinas pendidikan utuk juga memperhatikan fasilitas sekolah". Ungkap Suwarno.

Kunjungan kali ini mendapatkan respon yang sangat baik dari warga, pemerintah desa bahkan para relawan. Badan Koordinasi Relawan Universitas Negeri Malang (BKR UM) yang tergabung dalam Tim Reaksi Cepat Cakrawala Universitas Negeri Malang (TRCC UM), ini merupakan langkah yang sangat tepat dalam menangani bencana utamanya dalam masa tanggap darurat ini.

Koordinator Lapangan (Korlap) Penanganan Bencana Banjir Kabupaten Malang TRCC UM Nur Hamid Abdissalam menyampaikan bahwa langkah seperti ini hendaknya menjadi teladan semua elemen dalam mengambil sikap dalam menangani bencana yang sedang terjadi utamanya dalam masa tanggap darurat. "Dengan turun secara langsung dan tanpa birokrasi yang panjang, merupakan cara yang efektif untuk merespon bencana, seperti yang dilakukan oleh Bu Arumi ini, hendaknya cara seperti ini bisa menjadi teladan semua instansi terkait dalam merespon bencana yang terjadi" ujar Mahasiswa UM jurusan Pendidikan Luar Sekolah itu.

Akhir literasi, semoga perjalanan diberikan kelancaran dan memberikan dampak bagi penanganan bencana banjir yang ada di wilayah selatan Kabupaten Malang.


Dokumentasi



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Istri Wagub Jatim Arumi Bachsin Kunjungi Lokasi Banjir Sumawe-Malang

Trending Now