Haul ke-41 KH. Abdul Hamid Pasuruan, Gus Ipul Sebut Sebagai Momen Emas

Admin JSN
06 Oktober 2022 | 10.23 WIB Last Updated 2022-10-06T03:23:51Z
Gus Baha' dan KH Syukron Makmun di Haul ke-41  KH. Abdul Hamid Pasuruan
PASURUAN I JATIMSATUNEWS.COM: Peringatan Haul ke-41 Al Arif Billah Al-Maghfurllah KH. Abdul Hamid bin Abdulloh Umar pada Rabu berjalan dalam suasana yang tertib meski  ribuan jamaah area pondok pesantren Salafiyah, Kota Pasuruan, Rabu 5/10/2022.

Jamaah  tidak hanya berasal dari Kota Pasuruan, namun juga datang dari berbagai kota di Indonesia, sesuai sebaran santri pesantren Salafiyah, Kota Pasuruan.


Terlihat hadir Walikota Pasuruan Syaifullah Yusuf, Wakil Walikota Adi WibowoKetua DPRD Kota Pasuruan Ismail Marzuki Hasan, juga tampak hadir di jajaran undangan VVIP adalah Menteri Pendayagunan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf juga hadir bersama Wakil Ketum PBNU KH Yahya Zulfa Musofa. Beberapa kepala daerah tetangga,  Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, Bupati Sidoarjo Ahmad Mudlor, Bupati Lumajang Thoriqul Haq, hingga Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo.

Menanggapi kehadiran begitu banyak pecinta KH Abdul Hamid di acara Haul Wali Kota Pasuruan Gus menyebut sebagai momen emas

“Hari ini menjadi momen emas bagi kami bisa sowan berkumpul dalam satu majelis bersama orang-orang sholeh para alim ulama yang selalu kita harapkan bimbingan serta doa doa nya yang penuh berkah” kata Gus Ipul

Pada kesempatan yang sama Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas menyampaikan kesan dari Manaqib Kyai Hamid saat memberi sambutan.

“Kalau saya membaca manaqib Kyai Hamid dan mempelajari nasihat-nasihat beliau, banyak yang dapat kita ambil sebagai teladan. Beliau selalu memberikan nasihat yang teduh dan menyejukkan” kata Azwar Anas.

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Salafiyah sekaligus putra Kyai Abdul Hamid, KH. M. Idris Abdul Hamid mengatakan banyaknya jamaah yang hadir menjadi bukti jika hubungan spiritual antara guru, ulama dan muridnya tak pernah putus.

“Tradisi ini cuma ada di lembaga pesantren, lembaga pendidikan Islam. Oleh karenanya karakter pendidikan seperti ini harus dipertahankan mati-matian,”papar Kyai.

Ulama' juga mendapat kesempatan menyampaikan tausiya, nampak KH Syukron Ma’mun  siang itu memberikan tausiah tentang penguatan rasa kebangsaan umat Islam terhadap NKRI, juga  KH Bahauddin Nur Salim atau Gus Baha memberikan ceramah agama dengan gaya khasnya. Video ceramah lengkap beberapa bisa didapat di You Tube.

Pemkot Pasuruan melalui Diskominfotik juga mengoperasikan videotron untuk menayangkan live streaming bagi jamaah yang tidak dapat menjangkau lokasi haul di Ponpes Salafiyah. Di beberapa titik juga dioperasikan soundsystem agar warga yang tidak dapat hadir secara langsung tetap bisa mengikuti jalannya haul.

SA
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Haul ke-41 KH. Abdul Hamid Pasuruan, Gus Ipul Sebut Sebagai Momen Emas

Trending Now