Petugas Regsosek, Jembatan Kepastian Konsistensi Data

Admin JSN
28 September 2022 | 13.22 WIB Last Updated 2022-09-28T12:47:34Z
Petugas Regsosek, Jembatan Kepastian Konsistensi Data 
PASURUAN I JATIMSATUNEWS.COM: Telah berlangsung 2 hari, Pelatihan Petugas Pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi, Regsosek Kabupaten Pasuruan peserta menerima materi mekanisme pendataan dilapangan 28/09/2022.

Di Hotel Dalwa Bangil, Materi disampaikan Supardi, akrab dipanggil Ardi dari BPS. Dia menjelaskan mulai dari tata cara petugas berwawancara dengan responden, cara mengisi data-data responden di kuesioner yang disediakan BPS, tagging lokasi atau foto menggunakan aplikasi wilkerstat regsosek basis online, hingga tahap validasi oleh Koseka (koordinator sensus kecamatan) yang sudah melewati pemeriksaan dokumen oleh PML. 

Tentang PML Ardi menjelaskan bahwa Petugas Pemeriksaan Lapangan memiliki tugas dan peran untuk mengatur strategi terkait persiapan pendataan dengan PPL.,
"Antara lain membagikan dokumen-dokumen pendataan kepada PPL, berkoordinasi dengan perangkat wilayah setempat untuk menginformasikan adanya kegiatan Regsosek, mendampingi dan mengevaluasi kinerja PPL," cetus Ardi.

Menurutnya pendataan awal Regsosek ini akan menghasilkan data terpadu, tidak hanya untuk program perlindungan sosial, melainkan keseluruhan program-program yang dibutuhkan masyarakat untuk kebijakan pemerintah.

"Data-data yang  dihimpun oleh petugas Regsosek ini, kelak akan menjadi jembatan koordinasi berbagai data lintas lembaga maupun daerah untuk memastikan data yang konsisten," papar Ardi.

Salah satu peserta, Eidel Az-Zacharow Intifada Ramadhan, akrab dipanggil Edel, peserta termuda kelahiran 2003 yang bertugas sebagai PPL dari Desa Kedawungwetan, menyampaikan tanggapan atas pelatihan 2 hari tersebut.

"Dari pelatihan 2 hari ini semoga kita sebagai petugas regsosek dapat mengevaluasi diri agar lebih disiplin untuk bisa melakukan tugas sesuai sop sehingga data yg diperoleh benar benar valid," tuturnya pada Jatim Satu News di Hotel Dalwa.


Berlangsung hingga jam makan siang, peserta terlihat antusias mengikuti. Hingga berakhir narasumber masih terlihat melayani pertanyaan peserta juga foto bersama.

Angg/Ans
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Petugas Regsosek, Jembatan Kepastian Konsistensi Data

Trending Now