Pengembangan Sistem Informasi, Tim Pengabdian Masyarakat Unibraw FGD dengan Masyarakat Sumber Brantas Kota Batu

08 September 2022 | 15.40 WIB Last Updated 2022-09-08T08:49:07Z


 Sumber Gambar : Dokumentasi Kontributor

BATU I JATIMSATUNEWS.COM; Bertepatan pada tanggal 2 September 2022, Tim Pengabdian Masyarakat Strategis Universitas Brawijaya mengadakan FGD (Focus Group Discussion) dengan pemerintah dan masyarakat Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumi Aji, Batu. FGD tersebut dalam rangka mengembangkan sistem informasi desa dalam pembentuk pembuatan website, aplikasi, dan video. FGD dihadiri oleh Tim Pengabdian Strategis dari Universitas Brawijaya, pengembang teknologi, pemerintah desa, dan pemuda/pemudi. 

Adanya website ini segala informasi yang ada di desa baik dari pemerintah desa, kepariwisataan, aktivitas seni, budaya, serta produk unggulan desa dapat disebarluaskan.Website dan aplikasi nantinya dapat memuat informasi kepariwisataan, informasi bencana, kegiatan warga, dan hasil produk desa. Untuk hasil produk desa diharapkan dapat membantu petanidan para pengrajin untuk memasarkan hasil produk mereka. Pembeli dari luar desa Sumber Brantas tanpa perlu ke kantor desa sudah dapat mengetahui nomor kontak ketika mereka menginginkan produk dari desa tersebut.

“Sekarang zaman teknologi, desa harus maju dengan teknologi, tidak dapat lagi berdiam diri. Banyak produk bagus di desa dan kepariwisataan yang perlu diperkenalkan ke publik yang luas dengan cara yang efisien. Teknologi informasi menjadi solusi atas kebutuhan itu”, ungkap Ibu Rita Parmawati, Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Strategis Universitas Brawijaya.

Viral :

Anies Hidayatie, Perempuan Desa Ngroto-Pujon Berangkat Umroh Gratis Berkat Tulisan

Terdapat beberapa masukan dari pemerintah dan masyarakat desa dalam acara FGD ini. Beberapa masukan tersebut yaitu website dan aplikasi untuk sektor kepariwisataan harus menyokong wisata unggulan Brakseng dengan beberapa fitur yang menarik, beberapa proyek pembangunan desa dapat ditampilkan di website, dan pada website/aplikasi disediakan fitur komentar/live chat. 

Bapak Juadi, Kepala Desa Sumber Brantas, menyambut dengan baik kegiatan ini, diharapkan program dapat diselesaikan sebelum Bapak Juadi menyerahkan tongkat estafet jabatan ke kepala desa yang baru pada Bulan Oktober 2022 nantinya.

“Kita beruntung, pemerintah dan masyarakat desa Sumber Brantas antusias dengan pengabdian ini. Pemuda/pemudi desa juga siap membantu dan sejauh ini sangat kooperatif membangun komunikasi dan memulai kerja-kerja bersama dengan tim pengabdian. Kita berharap sistem informasi desa ini dapat berkelanjutan pada tahun-tahun berikutnya. Untuk jaga-jaga, kami telah memesan website dan aplikasi ini sampai tahun 2024 yang kami harapkan nanti pemerintah dan masyarakat desa dapat melanjutkan dengan mempromosikan lebih banyak lagi produk di desa dan sebagai jembatan segala informasi dari desa ke masyarakat luas”, tutur Muhaimin Zulhair, koordinator tim pengabdian masyarakat strategis Universitas Brawijaya ini.


Unik :

Nyanyian "What a Wonderful World", Doni Wirandana Membuai The Voice Germany

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pengembangan Sistem Informasi, Tim Pengabdian Masyarakat Unibraw FGD dengan Masyarakat Sumber Brantas Kota Batu

Trending Now