Anak-anak Dusun Kaliputih Antusias Ikut Bimbel di Rumah Belajar Desa Sukorame Sukorejo-Pasuruan

Admin JSN
02 September 2022 | 14.42 WIB Last Updated 2022-09-02T07:49:36Z
PASURUAN I
JATIMSATUNEWS.COM: Kelompok KKN-T Universitas PGRI Wiranegara melaksanakan kegiatan pengabdian di Dusun Kaliputih Desa Sukorame Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan. Salah satu cetusan dari program ini ialah Rumah Belajar Desa untuk memberikan ruang atau wadah bimbingan belajar bagi anak-anak di Desa sukorame yang notabenenya selama ini belum ada tempat bimbingan belajar di Desa sehingga minat belajar anak dan ketertarikan anak untuk melajutkan ke Pendidikan tinggi di wilayah ini masih minim.

Berjalan selama satu bulan, kelompok mahasiswa bekerjasama dengan pemuda karang taruna untuk memberdayakan pemuda potensial di Desa Sukorame dalam pembentukan rumah Belajar Desa yang selanjutnya disebut dengan sebutan Wirabimbel. Hal ini dilakukan dengan harapan Rumah Belajar yang sudah dibentuk dapat berjalan secara berkelanjutan sehingga bermanfaat bagi anak-anak di Desa Sukorame kedepannya.

Setelah melakukan berbagai proses persiapan dan pembentukan, Rumah Belajar Desa di luncurkan dengan cara mensosialisaikan pada sekolah jenjang SD-SMA serta masyarakat sekitar terkait keberadaan Rumah Belajar tersebut. Tercatat pada awal kegiatan Rumah Belajar yang dilakukan di balai Desa Sukorame, sejumlah 25 anak di Dusun Kaliputih Desa Sukorame antusias dalam mengikuti bimbingan belajar di Wirabimbel yang sudah dibentuk.

Tak cukup di balai Desa, selain hari kamis dan minggu yang merupakan jadwal rutinan wirabimbel, terdapat banyak anak yang menghadiri kelompok mahasiswa di posko/kontrakan pada tiap harinya untuk belajar bersama. Antusias dan minat belajar anak di wilayah ini pada dasarnya sangat tinggi namun selama ini belum ada tempat atau Gerakan pemuda yang mewadahi hal tersebut, Oleh karennya butuh perhatian pemerintah setempat serta berbagai pihak untuk pengembangan Rumah Belajar Desa Sukorame lebih lanjut lagi.

Selanjutnya Ketua karang taruna Desa Sukorame yang akrab di panggil Mas Huda juga berharap agar kegiatan bimbingan belajar ini dapat dilanjutkan oleh pemuda-pemuda Rumah belajar yang sudah dibentuk.
“Saya selaku ketua karang taruna, sebelumnya menyampaikan banyak terimakasih pada rekan-rekan Mahasiswa Uniwara yang telah menginisiasikan Rumah Belajar untuk anak-anak di Desa ini, saya berharap Rumah Belajar ini dapat dilanjutkan oleh temen-temen Rumah Belajar sehingga dapat berjalan secara berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat utamanya anak-anak Desa Sukorame,” tandasnya.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan minat belajar anak-anak Des aini serta memberikan wadah bimbingan belajar yang dapat di akses secara gratis.

Rohibni salah satu anggota kelompok mahasiswa KKN-T Uniwara menjelaskan bahwa kedepannya apabila Rumah Belajar yang telah di inisiasikan berjalan secara berkelanjutan maka dapat dihubungkan dengan komunitas-komunitas bimbingan belajar di daerah lain yang sudah sukses serta dapat pula bekerjasama dengan pihak-pihak terkait baik dari pemerintah daerah atau perusahaan sekitar untuk pengembangan lebih lanjut.
“Sebenarnya, bila Rumah Belajar yang sudah kita bentuk bersama dapat berkelanjutan, kita bisa menjalin Kerjasama dengan berbagai pihak terkait baik dengan komunitas-komunitas bimbingan belajar, pemerintah Daerah, serta perusahaan-perusahaan sekitar untuk mengembangkan Rumah Belajar lebih lanjut bagi anak-anak Desa Sukorame,” terangnya.

Selain itu adanya Rumah belajar yang telah di inisiasi oleh kelompok mahasiswa juga diharapkan dapat menjadi media informasi terkait perguruan tinggi baik dari segi beasiswa KIP, pendaftaran, dan sebagainya untuk meningkatkan minat anak-anak sukorame dalam melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.


Kontributor : Khamdan
(Fach)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Anak-anak Dusun Kaliputih Antusias Ikut Bimbel di Rumah Belajar Desa Sukorame Sukorejo-Pasuruan

Trending Now