Karangjati Pandaan Desa Darling di Kabupaten Pasuruan

Admin JSN
30 Agustus 2022 | 21.27 WIB Last Updated 2022-08-31T02:54:43Z
Launching Karangjati Pandaan sebagai Desa Darling 
PASURUAN I JATIMSATUNEWS.COM:Peresmian Agen Keuangan DESA DARLING diselenggarakan di balai desa Karangjati kecamatan Pandaan kabupaten Pasuruan pada Selasa pagi pukul 10.00 WIB tanggal 30 Agustus 2022.

Pertemuandihadiri oleh para undangan dari Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Pasuruan,  Kepala Bagian Perekonomian Kabupaten Pasuruan, Kepala OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Malang, Kepala Cabang PT BPD Bank Jatim Pasuruan, Kepala PT BPJS Ketenagakerjaan Pasuruan, Kepala Cabang PT Pegadaian Pandaan, perwakilan dari Bursa Efek Indonesia, Kepala Desa Karangjati Pandaan serta masyarakat desa Karangjati Pandaan.

Acara yang bertujuan untuk mensosialisasikam literasi keuangan dan memperluas akses keuangan bagi masyarakat Pasuruan ini juga mengundang rekan media mitra OJK Malang, salah satunya adalah Jatim Satu News.

Akses keuangan merupakan salah satu kunci yang mendorong pertumbuhan perekonomian daerah yang lebih merata, partisipatif dan inklusif.
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam hal ini berperan sebagai penjaga stabilitas sistem keuangan dan mendorong lembaga jasa keuangan untuk memperluas akses keuangan secara menyeluruh.

Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) dari OJK pada tahun 2019, tingkat literasi Nasional sebesar 38, 03% dan tingkat inklusi Nasional sebesar 76, 19%. Adanya perbedaan angka yang cukup signifikan ini menggambarkan bahwa masyarakat masih belum memahami benar akan manfaat dan resiko produk-produk dari jasa keuangan yang ada.

Sebagai salah satu implementasi program kerja dari TPAKD Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah
Kabupaten Pasuruan, pemerintah Kabupaten Pasuruan berkolaborasi dengan OJK dan Lembaga Jasa Keuangan membentuk DESA DARLING (Desa Sadar Literasi Keuangan) yang berlokasi di desa Karangjati kecamatan Pandaan kabupaten Pasuruan.
Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan tingkat literasi keuangan bagi masyarakat Pasuruan. Semakin banyak yang mengenal dan memanfaatkan produk-produk dari sektor jasa keuangan yang ada, semakin besar transaksi keuangan yang tercipta, pada akhirnya akan menggerakkan roda perekonomian daerah.

Ada dua proses yang dilakukan dalam program ini, yaitu : edukasi dan sosialisasi literasi keuangan pada masyarakat di desa dan membangun infrastruktur literasi keuangan di desa.

Sebagai pilot project DESA DARLING, telah hadir penyediaan layanan keuangan di desa Karangjati, sehingga masyarakat bisa mengakses produk-produk dari jasa keuangan yang ada. Antara lain : Agen Laku Pandai, Agen Pegadaian dan Agen Perisai BPJS Ketenagakerjaan.

Diharapkan keberhasilan program ini ke depannya akan mendorong terciptanya desa-desa DARLING yang lain di wilayah kabupaten Pasuruan.

"Saya meyakini keberhasilan program ini tidak dapat dilakukan sendirian. Keberhasilan tersebut sangat membutuhkan peran aktif dari seluruh pihak, terutama peran pemerintah daerah, regulator dan industri jasa keuangan serta juga kesadaran masyarakat", himbau Sugiarto Kasmuri kepala OJK Malang dalam pidato peresmian agen keuangan DESA DARLING.

Dalam acara ini didapatkan feed back dari warga yang hadir bahwa masyarakat lebih mudah mendapatkan akses yang cepat dan pelayanan yg terbaik dari jasa keuangan yang terjun langsung ke Bumdes yang ada di desa-desa. Hal ini tak lepas dari sinergi yang terjalin baik dengan Bank Jatim selaku bank masyarakat Jawa Timur.

Kon SW/ Lee
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Karangjati Pandaan Desa Darling di Kabupaten Pasuruan

Trending Now