Tajuk Hari Lanjut Usia Ke-26, Lansia Sehat Indonesia Kuat

Admin JSN
27 Juli 2022 | 10.56 WIB Last Updated 2022-07-27T08:25:54Z
Peringatan Hari Lanjut Usia Ke-26 Tahun Ini Bertajuk "Lansia Sehat Indonesia Kuat"

PASURUAN I JATIMSATUNEWS.COM : Lansia yang sehat akan menjadi subyek bukan obyek, Kesehatan mereka menjadi titik awal kemajuan bangsa karena saat mereka sehat mereka tidak menjadi obyek yang harus diperhatikan akan tetapi menjadi subyek yang bisa mengarahkan generasi di bawahnya.

Hal ini dapat di petik dari sambutan Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Pasuruan, Ibu Nanik Asnawati Mujib Imron, Rabu 27/07/22 di halaman gedung Management RSUD Bangil.

Lansia atau orang lanjut usia adalah manusia yang sampai pada fase ketiga setelah anak-anak dan dewasa. Mereka yang berada pada fase ini harus menjaga pola hidup nya agar selalu sehat, seperti menjaga kebersihan diri dan lingkungan, gizi seimbang, dan olah raga teratur.

Peringatan Hari Lanjut Usia Ke-26 yang di selenggarakan oleh POKJA I TP PKK kabupaten Pasuruan hari ini masih bertujuan untuk mewujudkan lansia yang sehat, mandiri, aktif dan produktif, SMART.

"Kegiatan hari lansia adalah kegiatan team penggerak PKK kabupaten Pasuruan yang di laksanakan di RSUD Bangil, berkolaborasi dengan RSUD Bangil, Dinkes, dan Dinsos," demikian Direktur RSUD Bangil, Dr. Arma Rosalina mengkonfirmasi kegiatan kepada media.

Di antara acara hari ini, "Sambutan, pemeriksaan kesehatan, Tali asih untuk lansia dari Dinsos dan di akhiri dengan senam bersama," pungkasnya.

Pemerintah Daerah melalui pengurus PKK kabupaten Pasuruan, Dinas Kesehatan, dan komponen pemerintah lain nya terus mengkampanyekan GERMAS, Gerakan masyarakat hidup sehat serta PHBS, perilaku hidup bersih dan sehat terutama bagi kaum lansia.

Hal tersebut setidaknya bisa di implementasikan dalam melakukan secara rutin aktifitas fisik, makan buah dan sayur, tidak merokok, tidak menkonsumsi minuman beralkohol, melakukan cek kesehatan berkala, menggunakan jamban serta menjaga kebersihan lingkungan.

Memotivasi para lansia yang hadir, Ibu Nanik Asnawati Mujib Imron mengatakan, "Usia hanya di atas kertas, yang menjadi kewajiban kita bagaimana merangkai masa tua yang bahagia."

"Lansia harus mandiri, sehat lahir juga batin, karena lansia kaya cerita, dari mereka kita memperoleh banyak motifasi dan informasi yang bermanfaat," imbuhnya.

Kegiatan Hari Lanjut Usia Ke-26 ini di selenggarakan se Kabupaten di 2 titik. "Kegiatan ini di gelar 2 titik se-Kabupaten Pasuruan, 12 kecamatan yang terdekat di tempatkan di RSUD Bangil saat ini, dan 12 kecamatan sisanya akan mengikuti kegiatan serupa di RSUD Grati Kabupaten Pasuruan, esok, dan di ikuti oleh 3 lansia dari masing-masing kecamatan," terangnya.

"Kami memperhatikan betul kesehatan lansia dengan cara di bentuknya posyandu lansia di tiap kecamatan yang akan memberikan program pendampingan rutin seperti senam, juga pemeriksaan kesehatan," tutupnya. (Ali)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tajuk Hari Lanjut Usia Ke-26, Lansia Sehat Indonesia Kuat

Trending Now