Malam 1 Suro, Puluhan Santri Cantik Bawa Oncor dan Benera Keliling Kampung

Admin JSN
30 Juli 2022 | 05.16 WIB Last Updated 2022-07-29T22:16:00Z
Malam 1 Suro, Puluhan Santri Cantik Bawa Oncor dan Bendera Keliling Kampung di Gondangwetan-Pasuruan
PASURUAN I JATIMSATUNEWS.COM: Malam mulai datang, wanita cantik berbaris berjalan pelan. Di tangannya batang oncor menyala. Selain ada yang membawa oncor ada pula yang membawa bendera merah putih. Menandai pergantian tahun baru islam, 1 Muharram. Sebuah pemandangan eksotis yang bisa ditemui di beberapa daerah Kabupaten Pasuruan. Termasuk di desa Wonojati Kacamatan Goncang Wetan Kabupaten Pasuruan, 29/7/2022.

Menyambut tahun 1 Muharram  Pesantren Al Murtadho Wonojati Kecamatan Goncang Wetan mengadakan pawai keliling kampung di sekitar lingkungan. Bacaan Sholawat Burdah syahdu mengiringi perjalanan para santai,  menjadi perhatian warga, menjadi mengerti  bahwa malam itu adalah 1 Suro dalam istilah Jawa, atau menurut Kalender Islam disebut 1 Muharram.  Yang berdasarkan SKB 3 menteri Tahun Baru Islam 2022 1 Muharram 1444 H jatuh pada tanggal 30 Juli 2022.


Tak hanya pawai Gebyar Malam 1 Muharram di pesantren Almurtadlo asuhan pewaris Almarhumah Ibu Nyai Syafaah juga dihiasi pembacaan puisi dan pidato. 

Diantara Peserta Santri wati MTs, dengan yang mukim di pontren sebanyak 65 santriwati itu salah satu didaulat maju.

"Mereka membacakan puisi bertema Muharram dan berpidato juga dengan tema yang sama," cetus Samsul, salah seorang guru MTs Grati yang ikut menyaksikan pawai 

Pawai dilakukan setelah Sholat Maghrib  dan sholat Isya' untuk Pembacaan Puisi dan Pidato. Pelaksanaan pawai sukses dilaksanakan dengan syahdu dan hikmat.

Samsul Arifin
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Malam 1 Suro, Puluhan Santri Cantik Bawa Oncor dan Benera Keliling Kampung

Trending Now