Pertama Dalam Sejarah, Menag RI Akan Injak Kaki Bumi Bhinneka Tunggal Ika Kecamatan Tosari Pasuruan

Admin JSN
17 Juni 2022 | 06.02 WIB Last Updated 2022-06-22T03:05:32Z
Pertama Dalam Sejarah, Kemenag Akan Injakan Kaki di Bumi Tunggal Ika Tosari, Banser, FPK, Kemenag ikut siap.
PASURUAN I JATIMSATUNEWS.COM: Berada di lereng gunung Bromo, dihuni masyarakat suku Tengger Tosari  dengan 3 agama yang berkembang berdampingan damai, Islam, Hindu dan Kristen. Ternyata belum pernah membuat pejabat Kemenag Pusat Datang ke bumi Tosari.

Hal tersebut setidaknya diakui oleh Kepala KUA Tosari Rofi'i saat malam persiapan penyambutan kedatangan Menteri Agama untuk Jambore Kebangsaan 16/6/2022.

"Sepertinya baru kali ini ada Menteri Agama datang ke Tosari," tutur Kepala KUA Rofi'i diantara kawan sejawat para kepala KUA se Kabupaten Pasuruan di Kantornya.

Kedatangan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau dikenal sebagai Gus Yaqut menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Kabupaten Pasuruan, bukan hanya Tosari. Sebab menjadi simbol pengakuan akan upaya keras yang telah dilakukan warga juga pemerintah baik dalam menumbuhkan moderasi beragama secara baik, jauh dari konflik.

" Alhamdulillah Pak Menteri Agama, Gus Yaqut akan datang ke Tosari, salah satu wilayah kecamatan di Kabupaten Pasuruan. Sebagai satu-satunya wilayah di Indonesia yang menyandang gelar Kecamatan Bhinneka tunggal ika, dengan sebuah desa Sadar Kerukunan Beragama Ngadiwono. Ini adalah inspirasi, bukan hanya di kabupaten Pasuruan akan tetapi untuk seluruh Indonesia. Moderasi beragama bisa meneladani kehidupan keberagamaan di Tosari," jelas Kepala Kemenag Kabupaten Pasuruan Kepala Kemenag Kabupaten Pasuruan H.Syaikhul Hadi,S.Ag, M.Ag.

Sebuah kenyataan yang juga diakui oleh orang nomor 1 di Tosari Camat Edy Priyanto, pencetus ide kecamatan Bhinneka Tunggal Ika yang telah diakui Bupati Pasuruan HM Irsyad pada 22 Oktober 2022 saat Hari peringatan Hari Santri.

"Kehidupan keberagamaan di Tosari sangatlah luar biasa damai, berkembang baik untuk semua agama, saling berdampingan. Inilah yang akan kami sampaikan kepada khalayak dunia, inspirasi kehidupan beragama dengan damai dan moderat ada di Tosari. Sangat layak menjadi icon kecamatan Bhinneka Tunggal Ika," cetus Camat Edy Priyanto di Pendopo Kecamatan saat mendampingi Banser untuk membantu pengamanan.

Direncanakan dibuka Kemenag, dihadiri tokoh nomor 1 Pasuruan Bupati HM Irsyad beserta OPD acara Jambore Kebangsaan juga akan menghadirkan  organisasi-organisasi kemasyarakatan juga lembaga dan institusi yang concern pada tumbuhnya rasa kebersamaan, keberagaman dan kebangsaan di tanah air Indonesia. 

Terlihat diantara yang malam nampak siap mengikuti upacara pembukaan adalah  FPK, Forum Pembauran Kebangsaan. Sebuah lembaga di bawah pembinaan langsung Kesbangpol yang merangkul seluruh etnis dan suku di Pasuruan dengan ketua Bayhaqi Kadmi atau akrab dipanggil Gus Bay.

Juga FKUB, Forum Kerukunan Antar Umat Beragama. Organisasi yang terdiri atas seluruh agama di Pasuruan dibawah pembinaan Kesbangpol pula. Dengan ketua H Saiful Anam Chalim.

Sudah siap sejak semalam, peserta ada yang menginap di homestay dan juga tenda-tenda. Bersiap pagi ini Jumat 17/6/2022 mengikuti gelar Jambore Kebangsaan di Lapangan Ledok Kecamatan Tosari.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pertama Dalam Sejarah, Menag RI Akan Injak Kaki Bumi Bhinneka Tunggal Ika Kecamatan Tosari Pasuruan

Trending Now