Berhasil Penuhi Syarat Dewan Muhammad Zaini, Bank Sampah Harmoni Dapat Hadiah

Admin JSN
24 Juni 2022 | 14.07 WIB Last Updated 2022-06-24T17:20:24Z
Berhasil Penuhi Syarat Dewan Muhammad Zaini, Bank Sampah Harmoni Dapat Hadiah 
PASURUAN I JATIMSATUNEWS.COM: Sukses menjadikan warga perumahan Harmony desa Bendungan Kecamatan Kraton Pasuruan sebagai nasabah dengan tingkat partisipasi mencapai hampir 100 persen, Bank Sampah tingkat RW tersebut memastikan diri bakal raih hadiah dari Dewan Kabupaten Pasuruan Muhammad Zaini.

Hal ini nampak dengan persiapan Bank Sampah BISSA perumahan Kraton Harmoni yang digagas oleh ketua PKK RW XI Bu Darso untuk segera menerima penunaian hadiah tersebut Jumat 24/6/2022.

Rencananya akan melaksanakan studi banding ke Bank Sampah Malang pada hari Sabtu (25/6/2022). 

Menerima langsung uang tunai jutaan rupiah dari kocek pribadi Dewan tampan Muhammad Zaini, Ketua Bank Sampah yang biasa dipanggil bu Darso itu menyatakan akan membawa pengurus sebanyak 1 bus untuk study banding.

Politisi asal PDI Perjuangan yang kini duduk di komisi 4 itu melaksanakan janjinya kepada pengurus Bank Sampah BISSA Harmoni karena sudah sukses mencapai partisipasi warga sebesar 90%.

Kegiatan Bank Sampah BISSA sendiri di lingkungan perumahan yang dihuni hampir 1000 jiwa itu sudah berhasil mengurangi volume Sampah di TPS perumnas Kraton Harmoni dan perumahan Puri Kraton Regency desa Bendungan Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan. 

Tak kurang dari 3 mobil pick up sampah berhasil dikumpulkan setiap kali penimbangan oleh bank Sampah Bissa. Menjadi salah satu sumber uang pula bagi warga perumahan yang menjadi nasabah.

Keterikatan dengan Muhammad Zaini memang beralasan. Sebab bank Sampah ini pada awal didirikan memang  mendapat support penuh dari dewan jebolan Cak Pasuruan 2008 itu.

Mulai ketika baru memiliki sedikit nasabah, berhasil meraup omzet 10 juta hanya dalam tempo 3 bulan, membuat furniture dari ecobrick, menyulap TPST jadi budiddaya magot, membagi -bagikan uang kepada nasabah hingga terkini sukses meraih simpati warga hampir 100 persen.

Terkait istimewanya Harmony bagi Muhammad Zaini adalah sebagai inspirasi bagi tempat lain. Agar bisa menyelamatkan lingkungan juga memberi nilai tambah secara ekonomi, hanya dari sampah. 

"Bank Sampah BISSA ini memang istimewa. Hanya dalam tempo sebentar sudah bisa menghasilkan uang, bukan itu saja bahkan bisa memanfaatkan limbah baik organik maupun anorganik bernilai jual. Inspirasi bagi daerah lain," cetus Muhammad Zaini.

Support berdirinya Bank Sampah di Kabupaten Pasuruan bagi Muhammad Zaini sangat berarti.

"Saya akan support pembentukan dan pengawalan, meskipun telah pindah ke komisi 4, sebagai bentuk dukungan saya untuk ikut menyelamatkan lingkungan hidup," jelas Muhammad Zaini menutup wawancara dengan Jatimsatunews.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Berhasil Penuhi Syarat Dewan Muhammad Zaini, Bank Sampah Harmoni Dapat Hadiah

Trending Now