Ucapan Paling Viral di Jagad Maya 2022

Admin JSN
02 Mei 2022 | 05.15 WIB Last Updated 2022-05-03T04:36:44Z
 Ucapan Paling Viral di Jagad Maya 2022, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriyah Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir Batin
ARTIKEL I JATIMSATUNEWS.COM: Era medsos dan on line mewarnai momen Idul Fitri beberapa tahun terakhir ini. Terlebih saat pandemi melanda, satu-satunya media menyampaikan ucapan selamat lebaran dengan ucapan paling viral  Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Batin ya lewat media online, media sosial.

Tak terkecuali di 2022 ini. Meskipun lebih longgar dari pada tahun tahun sebelumnya, pengucapan selamat hari raya nampak mendominasi jagad maya. Grup-grup what's App, Face book, Instagram, tweeter dan sejenisnya dipenuhi persona atau instansi dan lembaga yang mengucapkan kalimat sakral tersebut. 

Bermacam gaya pengucapan, ada yang hanya kata-kata ada yang dengan foto diri, dengan tweebon hingga sebuah desain yang menarik. Membuat lebaran di jagad maya semarak dengan perayaan Idul Fitri.

Memang belum ada penelitian resmi tentang fenomena ini, akan tetapi pantauan kami dari seluruh medsos yang ada di Indonesia menyatakan demikian adanya, bahkan saya yakin termasuk anda yang membaca.

Tradisi yang terus bergulir sepanjang masa, terutama di masyarakat Indonesia dan tetangga Asia Tenggara. Dulu lewat kartu, sekarang lebih massive dan cepat lewat media sosial. Essensinya sama, merayakan lebaran memohon maaf atas segala kesalahan.

Terlepas dari kontroversi arti Minal Aidin wal Faizin yang memang sebetulnya bukan arti mohon maaf lahir batin karena arti secara lengkap, kalimatnya adalah ”ja alanallahu wa iyyakum minal aidzin wal faidzin” yang artinya “semoga Allah SWT menjadikan kami dan Anda sebagai orang-orang yang kembali dan beruntung”. 

Jadi, Minal Aidin Wal Faizin sendiri artinya adalah orang-orang yang kembali dan beruntung.

Tetapi ini bukanlah masalah besar karena mengandung doa kebaikan sebagaimana Quraish Shihab mengatakan yakni  sebagai wujud doa dan harapan setelah melaksanakan puasa Ramadan.

Hanya di Indonesia tradisi ini ada, kekayaan bangsa dan kekayaan netizen Indonesia. Sebagai media yang paling populer digunakan mengungkapkan segala ide, pemikiran hingga ujaran, rasanya tepat pula iringan mohon maaf lahir batin menjadi sebuah kata wajib di samping Selamat Hari Raya Idul Fitri.

Kami pun, sebuah media online yang wara wiri menggunakan jagad maya menyampaikan kabar dan ulasan setiap detik, setiap waktu. Tak luput dari alpa dan salah. Sehingga momen lebaran menjadi sebuah keindahan menyampaikan maaf tanpa merasa direndahkan atau merendahkan.

Jatim Satu News dengan dot com masih sekitar 4 bulan resmi menyapa warga net Indonesia khususnya jatim dengan tahun sebelumnya menggunakan dot online. Ada ribuan karya dari wartawan dan kontributor bisa jadi terselip salah diantara torehan jari, untuk itu memanfaatkan momen Idul Fitri izinkan kami berbenah diri. Memulai lagi dengan hati-hati semoga tak ada salah kembali menghiasi perjalan hingga bertemu lagi lebaran tahun depan.

Maka untuk lebaran tahun ini kami segenap pimpinan, redaksi, ka biro, wartawan dan kontributor Jatim Satu News mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah, Mohon Maaf Lahir Batin.

Ans

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ucapan Paling Viral di Jagad Maya 2022

Trending Now