Korwil Disdik Sumber Manjing Malang Himbau Zakat Hendaknya Melalui Baznas

Anis Hidayatie
22 April 2022 | 16.24 WIB Last Updated 2022-04-22T09:24:25Z
MALANG I JATIMSATUNEWS.COM: Acara buka bersama yang pernah dilakukan Korwil Disdik Kecamatan Sumber Manjing menurut salah satu peserta informatif pula tentang pelaksanaan zakat, Jumat 22/4/2022.

"Satu informasi yang dapat kami tangkap dari pelaksanaan acara buka bersama dirangkai istighotsah, santunan dhuafa dan doa bersama Selasa 19/4/2022 lalu adalah tentang pelaksanaan Zakat," papar salah satu peserta yang biasa dipanggil Refan.

Pelaksanaan kegiatan waktu itu bertempat di mushola kantor, diikuti oleh keluarga besar Korwil, pengurus PGRI, Kwaran, K3S dan organisasi. 

Tentang Zakat sebagaimana dituturkan Refan bahwa Pamuji, Korwil Dinas Pendidikan  menyampaikan beberapa informasi dinas. Diantaranya tentang himbauan zakat melalui Baznas Kabupaten Malang. Tahun depan diharapkan kegiatan lebih ditingkatkan dan program bisa disamakan dengan kecamatan yang lain. 

Pelaksanaan bukber juga menghadirkan Mokhamad Ali, Ketua Cabang PGRI yang menyampaikan apresiasi.

"Saya sampaikan terima kasih kepada PGRI, K3S, Kwaran dan organisasi yang telah membantu penggalian dana santunan dhuafa. Semoga semuanya dicatat sebagai amal sholeh. Mari kegiatan ini kita ikuti dengan seksama. Sebab niat belajar ilmu di bulan Ramadhan, satu langkah kaki pahalanya lebih utama dari ibadah 1 tahun. Termasuk dalam kultum nanti, mari kita ikuti dengan sami'na wa atho'na, bukan sami'na wa 'ashoina," tutur ketua PGRI sekaligus kepala sekolah dari GPAI ini. 

"Terima kasih atas kerjasama semuanya. Karena sifatnya mendadak, hari ini disamping santunan dhuafa dan buka bersama, saya mohon nanti kita juga mendoakan anak-anak kelas 6 yang sedang ujian sekolah. Semoga ujian lancar, sukses dan menjadi ilmu yang berguna," jelas Korwil yang baru menjabat 3 bulanan ini.

Acara dilanjutkan dengan pemberian santunan dhuafa. Diberikan 40 paket santunan untuk siswa Pool Sitiarjo dan Tambakasri yang diwakili oleh kepala sekolah. Lalu istighotsah, do'a dan kultum yang dipandu oleh Refan Efendi. 

"Inti dari ibadah Ramadhan adalah latihan pengendalian hawa nafsu. Alurnya, jika perut kenyang, maka seluruh anggota tubuh menjadi lapar. Karena anggota tubuh lapar, maka mencari makanan sendiri-sendiri. Lapar dan makanan itu merupakan simbol kemaksiatan yang dilakukan oleh masing-masing anggota tubuh," kata PPAI yang merangkap 3 kecamatan itu dengan mengutip hadits Nabi SAW dan tembang Macapat. 

Menurut Sukiman hari ini, kepala sekolah SDN 3 Argotirto, santunan ini sangat bermanfaat. 

"Sore ini di lembaga kami baru di serahkan. Tadi pagi baru saya serahkan ke guru SDN Argotirto 3. 
Yang jelas tanggapannya sangat positif sekali, walupun dapat 1 anak. Tetapi benar-benar yang paling membutuhkan di lembaga kami. Siswa itu ikut neneknya dan kedua orangtuanya sudah tidak ada," terang pengurus PHBI ini. 

Refan Purba
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Korwil Disdik Sumber Manjing Malang Himbau Zakat Hendaknya Melalui Baznas

Trending Now