Istimewa, Kartinian di SMPN 1 Lawang Bukan Sekedar Pamer Busana

Admin JSN
22 April 2022 | 04.02 WIB Last Updated 2022-04-22T00:35:20Z
Istimewa, Kartinian di SMPN 1 Lawang Bukan Sekedar Pamer Busana 
MALANG I JATIMSATUNEWS.COM: Ratusan anak nampak ceria di SMPN I Lawang sejak pagi, 21/4/2022. Mengenakan busana dari berbagai adat Indonesia datang ke sekolah. 

Laki-laki dan perempuan, mereka nampak antusias dengan pakaian masing-masing, bukan hanya siswi,  siswa pun demikian. Bahkan ada yang mengenakan jarit beskap lengkap dengan blangkon seperti yang dikenakan Kepala Sekolah, Ridha Basuki. 

"Saya mengenakan pakaian adat jawa lengkap pula,  support untuk kegiatan hari Kartini. Mengikuti dresscode sekolah," Papar Kepala Sekolah. 

Ternyata,  bukan hanya pakaian yang menjadikan hari Kartini di SMPN 1 Lawang  berbeda,  agenda acara demikian pula. 

"Kami mengadakan lomba membuat Cerpen dan membuat poster bertema Inspirasi Kartini Millenial. Yang 2 karya tersebut akan kami bukukan dengan ISBN," jelas Kepala Sekolah. 

Diikuti seluruh siswa dengan 2 pembagian jenis lomba. Kelas 7, lomba membuat poster, kelas 8 lomba menulis Cerpen.

"Terkumpul 290 an naskah cerpen dan 290 an karya poster yang akan kita nilai untuk mendapatkan masing-masing 3 pemenang dan yang layak akan kita bukukan, " jelas ketua pelaksana Anik.

"Nanti anak-anak Literanesa akan membantu pengetikan sehingga naskah siap dibukukan," papar guru Umi diantara siswa pegiat literasi di perpustakaan. 

Berlangsung hingga pukul 11.00 siang penjurian terus dilakukan untuk 2 karya tersebut dengan juri dari pihak guru Bahasa Indonesia dan guru Seni Budaya.

"Karya anak-anak bagus-bagus, sayang kalau dibuang, maka yang layak akan kami bukukan. Untuk referensi kekayaan literasi hari Kartini dan sebagai koleksi perpustakaan," Cetus Guru Bahasa Indonesia Nur Hidayati dan Guru Seni Budaya Widya.

Tentang kegiatan yang telah diadakan pihak Kesiswaan menyatakan cukup puas dengan antusias anak- anak.

"Sehingga kami juga memberi penghargaan untuk siswa yang semuanya antusias mengenakan busana ala Kartini. Juara 1,2 dan 3 diumumkan saat akan pulang tanpa pemberitahuan tentang penjurian," papar Khanifah Kesiswaan sekaligus Guru Agama Islam di SMPN I lawang disepakati guru Nanik.

Pose bersama pemenang yang memperoleh trophy dan piagam, mengakhiri kegiatan peringatan hari Kartini. Siswa pulang,  guru tetap di sekolah untuk melanjutkan penjurian atas karya literasi siswa untuk bisa diumumkan  pada Jumat, 22/4/2022.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Istimewa, Kartinian di SMPN 1 Lawang Bukan Sekedar Pamer Busana

Trending Now