Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa, Mulai dari Bank Sampah Hingga Olahan Permen Susu di Pujon

Eko Rudianto
30 Maret 2022 | 02.50 WIB Last Updated 2022-04-08T02:46:37Z


MALANG I JATIMSATUNEWS.COM: Himpunan Jurusan Fisika (HMJ) universitas negeri malang melalui program dari kemdikbud yakni Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) mengadakan program pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan sosialisasi, pelatihan dan pendampingan untuk produksi sekaligus peningkatan hasil olahan susu sapi.

Kegiatan yang dibuka pada 4 oktober 2021 yang rencananya dilakukan selama satu bulan ini dikelola oleh 15 mahasiswa dari fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam universitas negeri malang, untuk memaksimalkan kegiatan yang sedang dijalankan diluncurkan dana sebanyak 35 juta rupiah.


Untuk mensukseskan acara ini semua stakeholder dari pemerintah desa dan organisasi kemasyarakatan dilibatkan, mulai dari PKK, Karang Taruna, Remas, IPNU IPPNU, Ansor. Harapannya dari semuanya ini memberikan warna dan peran masing-masing.

Selain itu kegiatan ini juga bekerjasama dengan dinas peternakan kabupaten malang untuk mendampingi dalam produksi sampai dengan pemasaran termasuk izin PIRT, BPOM dan Halal yang juga akan bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan. 

Produk yang kami targetkan diantaranya adalah yoghurt, kerupuk susu, permen susu serta sebagai jangka depan adalah biogas berbasis limbah kotoran sapi.

Kegiatan ini disambut sangat baik oleh pihak pemerintah desa dan warga. Antusias warga dalam mengikuti pelatihan sangat tinggi, sebanyak 13 orang dilatih secara intensif dan terpantai, peserta yang dilatih telah memperoleh rekomendasi dari pemerintah desa dan organisasi setempat untuk mengikuti ini, banyak pertimbangan selain kriteria usaha yang layak, kondisi pandemi covid-19 juga memaksa untuk berkegiatan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan termasuk kapasitas peserta yang hanya diisi oleh 50% dari kapasitas gedung, menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker.

Harapannya dari kegiatan ini memunculkan semangat dan inovasi baru bagi pelaku UMKM yang berada di desa Wiyurejo kecamatan Pujon Kabupaten Malang khususnya pada pengusaha susu sapi. Serta menjadikan bekal mahsiswa Universitas Negeri Malang untuk terjun didunia nyata secara langsung dikemudian hari.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa, Mulai dari Bank Sampah Hingga Olahan Permen Susu di Pujon

Trending Now