Gambar 1

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 2

Pasca Aliran Lava Semeru, Jalur Buka Tutup Lumajang Malang Aktif Kembali

Admin JSN
07 Maret 2022 | 15.42 WIB Last Updated 2022-04-08T02:51:16Z
LUMAJANG I JATIMSATUNEWS.COM: Jalur buka tutup Lumajang-Malang aktif kembali pasca banjir lava dingin beberapa hari yang lalu di aliran Semeru, Senin 7/3/2022.

Tepatnya di Daerah Curahkobooan desa Sumberwuluh kecamatan Candipuro. Jalur ini merupakan jalur alternatif yang digunakan warga untuk menyebrangi aliran banjir pasca erupsi Semeru yang telah memakan puluhan korban di beberapa dusun di kabupaten Lumajang.

Warga dan relawan setempat juga menggunakan sebagai jalur cepat untuk menyalurkan bantuan dan keperluan mobilitas sehari-hari. Belum ada upaya dari pemerintah setempat untuk memperbaiki jalur tersebut, alasannya memang kondisi yang masih sering datang aliran banjir.

Beberapa warga yang juga dibantu oleh pihak pemerintah saat ini membuat tanggul yang bersifat sementara. Penggalian dan pemerataan jalan ditempat ini juga dilakukan secara kompak oleh masyarakat, relawan dan sekaligus dari pihak pemerintah. Tidak hanya itu, pasir yang di gali juga dimanfaatkan warga untuk membuat jembatan dan renovasi rumah-rumah di tempatnya masing-masing.

"Jalur ini sangat penting pak, karena jalur cepat  untuk mobilitas barang-barang yang dibutuhkan masyarakat, seperti sembako, dan juga alat-alat bangunan untuk relokasi rumah yang terdampak erupsi Semeru, jadi jalur ini harus selalu dibenahi dan harus bisa dilewati meskipun sering dilewati banjir" ungkap Yanto salah satu warga yang bekerja saat ditemui oleh perwakilan Jatim Satu News.

Warga juga berharap agar jalur-jalur penting segera diperhatikan oleh pemerintah daerah demi lancarnya mobilitas dan penyaluran bahan-bahan bangunan yang saat ini tengah fokus untuk relokasi dan perbaikan jalan-jalan yang rusak pasca Erupsi Semeru.

Athoillah 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pasca Aliran Lava Semeru, Jalur Buka Tutup Lumajang Malang Aktif Kembali

Trending Now