Mahasiswa PLS UM Angkatan 2021 Praktik Metode Pembelajaran Bersama 49 Siswa SDN 1 Sumberkerto Pagak

Eko Rudianto
12 Maret 2022 | 17.01 WIB Last Updated 2022-04-08T02:51:16Z

Studi Lapangan Mahasiswa PLS UM Angkatan 2021 Offering A4D

 

MALANG I JATIMSATUNEWS.COM: Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Malang angkatan 2021 offering A4D melakukan studi lapangan pertama untuk kalinya dalam praktik metode pembelajaran Jum'at, 11 Maret 2022. 

Bersama siswa siswi SDN 1 Sumberkerto Pagak Malang sebanyak 31 mahasiswa turun lapangan dalam kegiatan ini.

Lembaga tersebut dipilih karena rendahnya minat belajar untuk ke jenjang yang lebih tinggi. Hal ini terjadi karena kurangnya perhatian orang tua terhadap pendidikan anaknya. Tujuan dari kegiatan ini terbagi menjadi 2 output yang pertama bagi internal mahasiswa dan kebermanfaatan bagi siswa siswi SDN 1 Sumberkerto Pagak Malang.



Berangkat pada 10 Maret 2022 kegiatan ini diawali dengan berkumpulnya mahasiswa di kampus, Jalan Semarang No. 5 Malang 65145 , kemudian perwakilan mahasiswa berkumpul ruangan korprodi PLS Universitas Negeri Malang dalam rangka pengarahan oleh Kadep PLS Dr. Zulkarnain, M.Pd, M.Si, kemudian pelepasan seluruh mahasiswa PLS UM Angkatan 2021 offering D oleh dosen pengampu mata kuliah metode pembelajaran  Dr. M. Ishaq Maulana, M.Pd.

 Para mahasiswa tersebut berangkat pada pukul 16.00 WIB dan tiba di area pukul 17.45. WIB. Setelah isya' para mahasiswa berkumpul di kantor desa Sumberkerto guna apel penyerahan oleh dengan kepala desa serta perangkat desa yang lain. 

"Kami sangat mengapresiasi dan welcome jika ada mahasiswa yang melakukan berbagai kegiatan di sekolah-sekolah kami terutama di SDN 1 Sumberkerto, karena disana bisa dibilang memprihatinkan" ujar kepala desa.
Pemberangkatan Mahasiswa


Apel pembukaan merupakan kegiatan pertama para mahasiswa bersama para peserta didik SDN 1 Sumberkerto pada hari Jumat pagi. Antusias para peserta didik SDN 1 Sumberkerto sangatlah tinggi sehingga Semua mengikuti apel tersebut dengan khidmat. "Saya sangat bangga sama murid-murid disini, mereka kuat kuat lho. Dengan apel yang bisa dikatakan lumayan lama dibawah sinar matahari yang terasa agak panas, mereka sanggup mengikuti sampai selesai" ucap Hilaria salah satu Mahasiswa.


Pukul 09.15 WIB para peserta didik yang sudah dibentuk kelompok yang anggotanya berbeda-beda kelas mulai memasuki pos-pos permainan. Setiap permainan mengajak para peserta didik untuk saling bekerja sama dan berdiskusi dalam memecahkan masalah pada masing-masing permainan. Masing-masing pos juga memberikan nilai kepada setiap kelompok yang bertujuan agar kelompok mana saja yang mendapat nilai tertinggi akan mendapatkan hadiah dari para mahasiswa. 

Hingga sekitar jam 10.30 WIB semua permainan sudah dilakukan oleh para peserta didik kemudian mereka kembali baris untuk pemberian berbagai snack sebagai bentuk apresiasi para mahasiswa terhadap semua peserta didik. Setelah pembagian snack semua pihak melakukan istirahat hingga jam 12.30. pada pukul 13.00 para mahasiswa makan siang bersama dengan para peserta didik SDN 1 Sumberkerto.


Setelah makan siang bersama para peserta didik berkumpul di halaman sekolah untuk pemberian kenang-kenangan oleh mahasiswa. Kenang-kenangan tersebut berupa kertas manila yang kemudian ditempel telapak tangan yang sudah diberi cat air. Acara di SDN tersebut diakhiri dengan apel penutupan dan pemberian hadiah kepada kelompok yang mendapatkan nilai tertinggi. Tak lupa para peserta didik juga diajak foto bersama dengan para mahasiswa dan menyemarakkan jargon PLS UM sebagai penutup kegiatan hari itu.
Penempelan Telapak Tangan Yang Sudah Dicat


Di penghujung hari, para mahasiswa PLS melakukan evaluasi tentang apa yang dikerjakan selama bersama para peserta didik SDN 1 Sumberkerto Pagak dengan tujuan mendapatkan perbaikan untuk studi lapangan selanjutnya. Semua mahasiswa merasa puas dengan kegiatan tersebut. “Saya sangat puas dengan kegiatan hari ini, kegiatan pertama kita yang langsung turun ke lapangan, semuanya bisa berpartisipasi dengan baik” ucap Juraij salah satu mahasiswa saat evaluasi malam itu. 

Sabtu pagi, 10 mahasiswa perwakilan kelas melanjutkan ke lokasi sekolah untuk melakukan perpisahan dengan pihak lembaga. Sedangkan sisanya menyiapkan seluruh kebutuhan untuk pulang. Dari 10 mahasiswa yang kembali ke sekolah, beberapa diantaranya menemui para guru. “Kami sangat berterima kasih kepada semua adik-adik mahasiswa karena telah membawa suasana yang baru di SDN ini” ujar salah satu guru. Mahasiswa yang lain kembali bertemu para peserta didik untuk meninjau kembali apa yang mereka dapatkan setelah melakukan kegiatan bersama para mahasiswa.

Perpisahan selanjutnya dilakukan dengan kepala desa Sumberkerto Pagak yang telah menyediakan berbagai fasilitas kepada para mahasiswa. Pembicara dalam perpisahan ini disampaikan oleh Bapak Evi Udi Santiko selaku asisten dosen yang menjadi pendamping mahasiswa dan Bapak Hosein selaku kepala desa Sumberkerto Kecamatan Pagak. 

"Kami sangat terbuka untuk kegiatan mahasiswa di sini pada kesempatan selanjutnya” ujar Kepala Desa. Pada pukul 11.30 WIB para mahasiswa meninggalkan lokasi dan kegiatan tersebut telah selesai.



A Luta Continua

Daftar Mahasiswa PLS Angkatan 2021 Offering A4D yang terlibat antara lain:
1. Ainani Zaqiyatul Fauziyah
2. A Juraij Al Manshur
3. Alfinda Cahya Septianti
4. Allysa Fatimatus Zaroh
5. Alya Salsabila Putri Ismail
6. Audi Sabrina
7. Audrey Talitha Putri Karim
8. Bella Asih Atika Putri
9. Claudy Gabrielle Fiesta
10. Decha Fistrada Putra Anugrah
11. Deviana Niken Darmawan
12. Faiza Restia Divarinda
13. Firdaus Yunico Prastyo
14. Galih Jakti Permana
15. Hilaria Putri Saraswati
16. Khuril Aini
17. Kurun Kurniati
18. Mariana Kusuma Dewi
19. Mario Sebastian
20. Meilia Fitria Wardani
21. Miftahur Rohmah
22. Mochammad Farhan Aliyyudin Earmansyah
23. Nur Hamid Abdissalam
24. Nuwayyar Hanin Jayyid
25. Oktavia Eka Wulandari
26. Rahma Ayu Putri Purnamasari
27. Rahma Cahya Wulandari
28. Resta Naura Ainaya Husna
29. Rinda Pertiwi Mukti
30. Syadira Zahra Pratiwi
31. Valina Sinka Soegono


Oleh : Nur Hamid Abdissalam


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa PLS UM Angkatan 2021 Praktik Metode Pembelajaran Bersama 49 Siswa SDN 1 Sumberkerto Pagak

Trending Now