Gubernur Jatim, Bupati Malang dan Rektor Unisma Hadiri Soft Opening Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) di Turen Kabupaten Malang

Eko Rudianto
24 Maret 2022 | 14.34 WIB Last Updated 2022-04-08T02:46:37Z

Konferensi Pers KTN Turen 2022


Pembukaan Acara Secara Simbolis

MALANG I JATIMSATUNEWS.COM:?24 Maret 2022 dalam rangka deredikalisme dan penanggulangan terorisme dan intoleran kawasan terpadu nusantara dibangun di Turen Kabupaten Malang. Pembangunan kawasan terpadu Nusantara atau KTN merupakan icon dalam mengedepankan konsep pentahelix, melalui kerjasama dan kolaborasi secara nonfisik yang melibatkan unsur pemerintah, akademisi badan atau pelaku usaha masyarakat atau komunitas media hingga pelaku seni.

Dalam Melawan ideologi radikal terorisme dalam penanggulangan terorisme melalui kegiatan pembangunan, diharapkan dapat menumbuhkembangkan dan menyerap lapangan kerja bagi mitra deradikalisasi penyintas dan masyarakat sekitar, sehingga dapat mengurangi pengangguran dan peningkatan taraf perekonomian masyarakat serta menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara serta terwujudnya Indonesia Harmoni dalam mewujudkan pembangunan KTN Turen.

Sampai saat ini meliputi dukungan lahan dari seluas 13,3 hektar lahan oleh PT KAI, dukungan edukasi oleh Unisma dalam hal ini Fakultas Pertanian dan fakultas peternakan, dukungan 20 ekor kambing dan program inseminasi buatan sapi banteng Jawa dan sapi Bali oleh Pancasila dan Taman Safari Indonesia Prigen, pertanian jagung jagung hibrida oleh PT corteva, dukungan 100 bibit alpukat pameling dari PT Agriscience, bapak Yudi Putra staf ahli KTN BNPT perikanan yang direncanakan akan dibantu oleh penyelenggaraan acara oleh pemerintah Kabupaten Malang, koperasi Artha Harmoni bangsa dan masyarakat Kabupaten Turen.

Agenda kegiatan soft opening Turen kabupaten Malang yang dilaksanakan pada hari ini meliputi yang pertama acara opening yang kedua kegiatan penanaman jagung hibrida secara simbolis oleh Kepala BNPT bersama Gubernur Jawa Timur atau yang mewakili Bupati Jawa Timur dan Rektor Unisma, dilanjutkan peninjauan kandang ternak kambing survei sekaligus penandatanganan berita acara penyerahan 20 ekor kambing  kepada koperasi Artha Harmoni bangsa di tempat penanaman.




KTN turen menjadi wilayah pertama di Indonesia yang dilaksanakan oleh Kepala Badan Nasional penanggulangan terorisme pada hari ini tanggal 24 Maret 2022 semoga kerja keras kita bersama menunggu menemukan pemanfaatan bagi mitra radikalisasi penyintas dan masyarakat sekitar serta berdampak pada kemandirian dan keharmonisan.








"Kami sangat berterima kasih sebagai panitia kepada semua pihak terutama pemerintah daerah kabupaten Malang yang bersama-sama ikut berupaya melakukan penanggulangan terorisme dengan pendekatan lunak atau pendekatan kesejahteraan. Selanjutnya mohon kepada Bapak Kepala Badan Nasional penanggulangan terorisme untuk berkenan opening di kecamatan Turen kabupaten Malang,"




Kawasan terpadu nusantara yang merupakan pengembangan dari kegiatan program deradikalisasi khususnya program yang berbasiskan kepada pembangunan kesejahteraan ada 3 aspek yaitu perekonomian edukasi dan tourism.






"Kita bersyukur hari ini atas kolaborasi dengan Pemda Kabupaten Malang.Universitas Islam Malang telah bersama-sama kita melakukan perencanaan pemanfaatan lahan milik dari Pemda Kabupaten Malang. Seluas kurang lebih 14 hektar yang nanti akan difungsikan sebagai studi ketahanan pangan dan juga areal perkebunan pertanian peternakan perikanan. Insyaallah juga di lokasi ini akan dibangun warung NKRI wadah atur rukun usaha Nurani gelorakan NKRI yang tentunya ini adalah bagian yang akan dikelola oleh koperasi Mitra, yang merupakan anggotanya terdiri dari tokoh masyarakat.

Harapannya ke depan akan menjadi bagian dalam menopang kehidupan terutama aspek kesejahteraan bagi mitra deradikalisasi yang terdiri dari X narapidana akan jadi kerja kita nanti akan ditopang beberapa perusahaan yang dari jajaran seperti PT KAI BRI demikian juga PT Petrokimia Gresik juga tentu dari PT Smelting Gresik dan beberapa dari unit usaha swasta. 

"Jadi mohon doa dari masyarakat semuanya, semoga ikhtiar bersama ini bisa mendatangkan hasil dan kita terus bisa mengembangkan kawasan ini semakin lengkap semakin memberikan nilai ekonomian yang tinggi semakin memberikan dampak kesejahteraan melalui koperasi terhadap Mitra binaan dan radikalisasi," tutur Kepala BNPT Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H.
Pemerintah Kabupaten Malang menyampaikan Selamat datang kepada Bapak Kepala Badan Nasional penanggulangan terorisme Bapak komisaris jenderal polisi boy Rafli Amar beserta jajaran pejabat utama BNPT, serta para tamu undangan sekalian semoga pertemuan kita kali ini semakin mempererat tali silaturahmi yang sudah terjalin sekaligus mampu menjadi penguat Sinergi antara pemerintah Kabupaten Malang. 
Kepala BNPT bersama Bupati Malang

Tantangan luar biasa dan kompleksitas perkembangan zaman di era modern saat ini membuat radikalisme dan terorisme begitu mudah menyebar, sehingga upaya pencegahannya dan penanggulangannya perlu dilakukan bersama-sama dengan mengedepankan kolaborasi dan Sinergi secara komprehensif, untuk penguatan kerjasama dalam rangka pencegahan sekaligus penanggulangan radikalisme dan terorisme Pemerintah Kabupaten Malang, tentunya sangat mendukung pengembangan kawasan terpadu nusantara di kecamatan Turen.

Pelaksana dan Mitra


Badan Nasional penanggulangan terorisme pengembangan kawasan nusantara di wilayah kabupaten Malang ini menjadi salah satu langkah strategis sebagai upaya berkelanjutan yang difokuskan kepada para narapidana terorisme. Melalui strategi pendekatan deradikalisasi berbasis ekonomi dan pariwisata yang mengedepankan kesejahteraan kepada para narapidana terorisme, yang juga tidak terlepas dari kondisi dimana adanya Sejumlah warga warga kabupaten Malang yang dipandang perlu untuk mendapat pendampingan agar memiliki pemahaman yang utuh tentang ideologi Pancasila dan dapat memahami Bagaimana menjadi warga negara yang baik, serta dapat hidup damai berdampingan dengan masyarakat warga yang lainnya. Untuk itu, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mengupayakan terwujudnya KTN di kecamatan Turen ini, kami tentunya akan senantiasa siap untuk mendukung dan membantu menyukseskan program ktn di wilayah kabupaten Malang “Mudah-mudahan pengembangan di kabupaten Malang nanti juga dapat berjalan sukses serta mampu menjadi pilot project dalam upaya pencegahan dan penanggulangan radikalisme dan terorisme di tingkat daerah, Semoga dengan pendekatan dapat menularkan yang positif kepada seluruh lapisan masyarakat, sehingga dapat meningkatkan kemandirian dalam mewujudkan ketahanan ekonomi agar masyarakat semakin tangguh dan tidak Mudah terpengaruh dengan hal-hal negatif serta tercipta oleh aliran radikal yang menyesatkan.” Ungkap Bupati Malang Drs. HM. Sanusi, M.M

Penanaman Bibit Alpukat Pameling

Selanjutnya Peran Unisma terutama dalam konteks untuk mengedukasi melalui riset dan pengabdian pada masyarakat. Unisma bukan hanya sekedar bergerak untuk menanam atau mengembangkan peternakan atau pertanian, tapi mentalitas petani yang ada di sekitar kita termasuk juga elemen elemen terkait menjadi bagian yang tidak terpisahkan, karena kuncinya baik dari sisi pola tanam ,kemudian juga pola pemeliharaan kemudian juga bagaimana supaya semuanya bisa Lestari dengan bagus sosialnya, juga tidak bisa kita abaikan termasuk juga mentalitas spiritual, seluruh unsur terutama dalam pengembangan SDM “Itulah yang salah satunya Unisma berperan dalam pembangunan KTN Kabupaten termasuk juga manajemennya marketingnya dan sebagainya tentu nanti bersama-sama dengan teman-teman di koperasi Kami yakin bahwa program ini akan bisa berjalan dengan bagus” Tutur Rektor UNISMA Prof. Dr. H. Masykuri Bakri, M.Si. Oleh karena itu kedepan Kalau hari ini kita soft opening tentunya mudah-mudahan nanti akan ada Grand Opening yang mudah-mudahan juga ini Apabila ada perkembangan bagus kondisi eksisting di lapangan.

Penandatanganan Kontrak

Ada 5 yang direncanakan dan ini yang langsung yang pertama kali, alasan kenapa menuju kabupaten Malang untuk menjadi salah satu kawasan nusantara pertama, tentu Respon yang positif dari pembentukan Kabupaten, itu adalah modal yang kedua memang Jawa Timur khususnya termasuk kabupaten Malang adalah Wilayah kerja dari tim sinergitas Kementrian dan non kementerian lembaga, yang berkontribusi berkolaborasi dalam program ini, yang ketiga kita memiliki beberapa warga binaan yang jumlahnya cukup besar di Jawa Timur Jadi, dalam rangka menangi yang belum tertampung ke masuk kita selama ini banyak bekerja di wilayah Lamongan, tapi hari ini kita mengembangkan di wilayah Selatan dan pilihan tepat kita adalah ke kabupaten Malang, dan semua teman-teman Mitra kita yang belum tertampung kegiatan di Lamongan kita masukkan ke Kabupaten malag ini. Demikian yang pertama tadi kebetulan Kalau di luar itu bekerja sama dengan Perhutani di sini kita dengan pemda menjadi alasan, suatu itu masalah karena tidak semua memiliki lahan yang bisa dimanfaatkan tapi kami melihat peluang ini kabupaten Malang. 

Lahan Kawasan Terpadu Nusantara (KTN)

Prinsipnya mana yang cepat bisa memberikan fasilitas sarana lahan karena akan pada dasarnya ini lahan yang tidak dimiliki tetapi lahan yang diberdayakan bersama. Hari ini mungkin tidak lebih dari 30 tahun ada yang selesai menjalani masa tahanan di Lapas jadi ketika keluar dari Lapas semuanya otomatis kita undang, masuk bergabung dalam Koperasi jadi mereka tidak ada ragu-ragu lagi, karena sudah disosialisasikan ketika mereka nanti di jalan keluar itu sudah kita siapkan Koperasi Ini. Jadi Koperasi ini bukan hanya yang sudah mereka keluar dari lembaga pemasyarakatan tetapi mereka yang nanti akan keluar mungkin bulan depan mungkin tahun depan 2 tahun lagi otomotif mereka sudah punya wadah Koperasi 


Yang hadir

1. Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H.

2. Prof. Dr. H. Masykuri Bakri, M.Si.

3. Bupati Kab. Malang

4. LPPM UNISMA

5. PT Petrokimia Gresik

6. PT KAI Operasional 8

7. PT Siwali Indonesia

8.     Tamu Undangan

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gubernur Jatim, Bupati Malang dan Rektor Unisma Hadiri Soft Opening Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) di Turen Kabupaten Malang

Trending Now