Gambar 1

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 2

Universitas Hang Tuah Surabaya Gelar Wisuda Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024

Admin JSN
19 Oktober 2024 | 12.44 WIB Last Updated 2024-10-19T05:44:47Z
Acara wisuda Universitas Hang Tuah periode semester genap tahun akademik 2023/2024 menjadi momen bersejarah dengan wisuda pertama untuk program Diploma 4 dan Strata 3

SURABAYA|JATIMSATUNEWS.COM – Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya menggelar Rapat Terbuka Senat dalam rangka wisuda periode semester genap tahun akademik 2023/2024. Acara yang berlangsung pada Sabtu (19/10/2024) di Gedung Graha Samudra Ganesha UHT ini meliputi wisuda program Diploma 4 (D4), Strata 1 (S1), Strata 2 (S2), dan Strata 3 (S3). Acara tersebut sekaligus menjadi momen bersejarah dengan wisuda pertama untuk program Diploma 4 dan Strata 3.

Rapat Terbuka Senat dalam rangka wisuda ini turut dihadiri oleh Gubernur AAL, Laksamana Muda TNI Supardi, S.E., M.B.A., CHRMP. Dalam sambutannya untuk mewakili KASAL, ia menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan. "Saya mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan atas keberhasilan yang telah dicapai. Pencapaian ini adalah hasil dari kerja keras, dedikasi, dan semangat pantang menyerah yang telah ditunjukkan selama menempuh pendidikan di Universitas Hang Tuah."

Secara khusus, ia juga memberikan apresiasi kepada Prodi Kedokteran Gigi dan Mulut yang telah meraih akreditasi paripurna. Kedepannya, ia berharap Universitas Hang Tuah dapat terus meningkatkan prestasinya, baik di tingkat nasional maupun internasional. 

"Saya yakin dengan semangat dan dedikasi seluruh civitas akademika, didukung dengan fasilitas pembelajaran yang modern dan kurikulum yang adaptif terhadap perkembangan zaman, Universitas Hang Tuah akan mampu menghasilkan lulusan yang tidak hanya unggul dalam bidang kemaritiman, tetapi juga memiliki daya saing global," imbuhnya.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Rektor Universitas Hang Tuah, Prof. Dr. Ir. Supardi, S.E., M.B.A., CHRMP. Ia mengungkapkan kebanggaannya atas pencapaian para wisudawan. "Pada hari yang istimewa ini, kami melepas 373 wisudawan, dengan rincian 84 wisudawan dari program Diploma 4, 232 dari program Sarjana, 55 dari program Magister, dan 2 dari program Doktor," ujarnya.

Wisuda kali ini memiliki arti penting karena lulusan program Diploma 4 merupakan hasil transformasi dari program Diploma 3. Begitu pula dengan lulusan program Doktor yang menjadi lulusan pertama di UHT.

Rektor menekankan pentingnya kemampuan softskill dan hardskill yang sudah dibekali kepada para lulusan, mengingat tuntutan dunia kerja yang semakin kompleks. "Kreativitas, kemampuan berpikir kritis, penguasaan teknologi, hingga fleksibilitas kognitif adalah beberapa kemampuan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan masa depan," tambahnya.

Sesuai dengan visi UHT sebagai pusat pengembangan SDM kemaritiman dan IPTEKS kelautan berkelas dunia, para lulusan diharapkan dapat menjadi agen perubahan dan siap bersaing di dunia kerja.

Dalam kesempatan ini, Rektor juga mengungkapkan sejumlah prestasi membanggakan yang telah diraih oleh mahasiswa Universitas Hang Tuah selama tahun akademik 2023-2024. Di bidang non-akademik, mahasiswa UHT berhasil meraih medali dalam berbagai kejuaraan olahraga, baik di tingkat provinsi, nasional, maupun internasional. Di bidang akademik, sebanyak 51 prestasi berhasil dicapai di tingkat nasional dan internasional, termasuk pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan program wirausaha mahasiswa.

Selain itu, Universitas Hang Tuah juga mencatat kemajuan signifikan dalam pengembangan dosen dan program akademik. Sebanyak 110 dosen berhasil meningkatkan jabatan akademik, dengan penambahan 9 Guru Besar di berbagai bidang ilmu. UHT juga mendapatkan hibah dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian.

Universitas Hang Tuah terus berkomitmen memperluas kerja sama, baik dalam maupun luar negeri, guna memperkuat implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. "Kami telah menjalin kerja sama dengan 134 institusi dalam negeri dan 23 negara di berbagai perguruan tinggi luar negeri," jelas Rektor.

Di akhir sambutannya, Rektor mengajak para wisudawan untuk bergabung dengan Ikatan Alumni Universitas Hang Tuah dan berterima kasih kepada para orang tua serta mitra kerja yang telah mendukung keberhasilan UHT. "Kami berharap para wisudawan terus berkontribusi positif dan membawa nama baik Universitas Hang Tuah ke depannya," tutupnya.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Universitas Hang Tuah Surabaya Gelar Wisuda Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024

Trending Now