Polres Ngawi Laksanakan Tes Psikologi Terpadu Kolektif oleh SDM Polda Jatim

Admin JSN
03 Oktober 2024 | 18.48 WIB Last Updated 2024-10-03T11:48:21Z

 

Kapolres Ngawi, AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H., memantau langsung jalannya tes psikologi terpadu di Universitas Soerjo Ngawi, Kamis (3/10/2024).

NGAWI | JATIMSATUNEWS.COM – Polres Ngawi Polda Jatim melaksanakan tes psikologi terpadu kolektif di Universitas Soerjo Ngawi dan penyuluhan psikologi di Polsek Geneng Polres Ngawi, Kamis (3/10/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi kondisi psikologis para anggota, termasuk calon pemegang senjata api (senpi), pemetaan jabatan, PKP E-Mental, dan konseling psikologis bagi anggota tahun 2024.

Kapolres Ngawi, AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H., menjelaskan bahwa tes psikologi ini merupakan agenda rutin tahunan. "Kegiatan ini dilakukan setiap tahun untuk mengetahui kondisi psikologis anggota yang berdinas di tingkat Polres dan Polsek," ujarnya.

Sebanyak 121 anggota Polres Ngawi mengikuti tes psikologi ini, yang dibagi menjadi beberapa sesi. Tes psikologi untuk calon pemegang senpi diikuti oleh 96 orang, tes pemetaan jabatan diikuti oleh 19 orang, sementara tes PKP E-Mental dan konseling psikologis diikuti masing-masing oleh 3 orang.

Kapolres Ngawi juga menekankan pentingnya keterbukaan anggota dalam menghadapi permasalahan pribadi maupun pekerjaan. "Jika ada masalah, segera komunikasikan dengan keluarga, teman, atau konselor yang ada. Jangan menyimpan masalah sendiri," pesannya. Ia juga mendorong anggota untuk tidak menutup diri dari saran teman atau pimpinan.

Kapolres menambahkan, anggota Polri harus selalu mengedepankan sikap ramah dalam melayani masyarakat, dengan senyum, salam, dan sapa. Ia juga menyarankan agar Call Center konselor tingkat Polda Jatim dan Polres Ngawi selalu tersedia untuk memudahkan anggota mendapatkan bantuan konseling.

Tes psikologi ini dipimpin oleh Kabag Psikologi Ro SDM Polda Jatim, AKBP Dr. Mochammad Mujib R, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Diharapkan kegiatan ini dapat membantu pimpinan Polri dalam memberikan rekomendasi terkait pemegang senpi, jabatan, serta memahami masalah psikologis yang dihadapi oleh anggota.

Kabag SDM Polres Ngawi, Kompol Musa Bakhtiar A., menyatakan bahwa kegiatan berjalan tertib dan lancar. (Hmsresngw-d*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Polres Ngawi Laksanakan Tes Psikologi Terpadu Kolektif oleh SDM Polda Jatim

Trending Now