Gambar 1

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 2

Persiapkan Pilkada Serentak 2024, KPU Kota Pasuruan Gelar Bimtek Keuangan Untuk PPK, PPS dan Sekretaris Badan AdHoc

Admin JSN
08 Oktober 2024 | 22.12 WIB Last Updated 2024-10-08T15:12:08Z

 

KPU Kota Pasuruan menggelar Bimtek Keuangan untuk PPK, PPS, dan Sekretaris Badan Adhoc sebagai persiapan Pilkada Serentak 2024, guna memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam pertanggungjawaban keuangan.

PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pasuruan menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dengan tema “Penyusunan Pertanggungjawaban Keuangan untuk Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024.” Bimtek ini ditujukan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) beserta sekretarisnya se-Kota Pasuruan.

Kegiatan berlangsung pada hari Minggu (6/10/2024) di Hotel Ascent Premiere, dibuka oleh Ketua KPU Kota Pasuruan, Nanang Abidin, SE. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan, “Hanya satu tujuan diadakannya bimtek ini, yaitu agar PPK dan PPS tertib administrasi dan pelaporan SPJ. Suksesnya tahapan harus juga disertai dengan suksesnya pelaporan, karena badan Adhoc menerima BOP dari KPU dan berkewajiban melaporkan setiap kegiatan yang dilaksanakan.”

Kasubag Keuangan Alim Saiful Fuad, S.E., yang juga bertindak sebagai moderator dalam bimtek tersebut, mengungkapkan harapannya terkait transparansi dalam pengelolaan pertanggungjawaban keuangan hibah Pilkada Kota Pasuruan 2024. “Kami berharap pembuatan SPJ badan Adhoc sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tambahnya.

Dalam kegiatan ini, KPU Kota Pasuruan mengundang narasumber Aditya Maulana, ST, MSA (Auditor Ahli Madya), yang memberikan materi mengenai "Pengawasan Pertanggungjawaban Hibah APBD Tahun 2024." 

Dalam penjelasannya, ia menguraikan berbagai poin terkait prosedur hibah, pencairan hibah, dan pertanggungjawaban hibah. “Dari belanja pegawai, belanja modal, belanja barang, belanja jasa harus disertakan bukti yang akuntable, dibutuhkan bukti foto untuk transparansi,” jelasnya.

Salah satu peserta bimtek, Ade Darmawan, anggota PPK Bugul Kidul, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat. “Bimtek ini sangat bermanfaat untuk sekretariat PPK dan PPS agar menyusunan SPJ sesuai aturan. Juga untuk menambah pengetahuan anggota PPK dan PPS agar bisa membantu dalam proses penyusunan SPJ,” ungkapnya.

Sebanyak sekitar 170 peserta dari Badan Adhoc Pilkada 2024 turut serta dalam bimtek ini. Acara ini juga dihadiri oleh anggota komisioner KPU Kota Pasuruan, termasuk Mukhammad Zahid, Hasan Asuro, Vinsensia Niken Devi, dan Sekretaris KPU Kota Pasuruan, Deni Laksono.

Oleh : Miftachul Amin

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Persiapkan Pilkada Serentak 2024, KPU Kota Pasuruan Gelar Bimtek Keuangan Untuk PPK, PPS dan Sekretaris Badan AdHoc

Trending Now