Gambar 1

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 2

Persiapkan Pilkada Serentak 2024, KPU Kota Pasuruan Gelar Bimtek Keuangan Untuk PPK, PPS dan Sekretaris Badan AdHoc

Anis Hidayatie
08 Oktober 2024 | 21.26 WIB Last Updated 2024-10-08T14:27:12Z

 


Persiapkan Pilkada Serentak 2024, KPU Kota Pasuruan Gelar Bimtek Keuangan Untuk PPK, PPS dan Sekretaris Badan AdHoc

PASURUAN|JATIMSATUNEWS.COM: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pasuruan menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) “Penyusunan Pertanggungjawaban Keuangan Untuk Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024”. Para peserta Bimtek adalah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) beserta sekretaris PPK, Panitia Pemungutan Suara (PPS) beserta sekretaris PPS se-Kota Pasuruan pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024.

 

Kegiatan yang berlangsung pada hari Minggu (6/10/2024) di Hotel Ascent Premiere dibuka langsung oleh Ketua Komisioner KPU Kota Pasuruan Nanang Abidin, SE. Saat ditemui di kantor KPU Kota Pasuruan beliau menyampaikan, “Hanya satu tujuan diadakannya bimtek tersebut, agar PPK dan PPS tertib administrasi dan tertib pelaporan SPJ, Suksesnya tahapan harus juga disertai dengan suksesnya pelaporan, karena badan Adhoc menerima BOP dari KPU maka mereka berkewajiban melaporkan dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan.”


Kasubag Keuangan Alim Saiful fuad, S.E. Yang juga moderator pada bimtek tersebut mengatakan “Harapan kami terjadinya transparansi pengelolaan pertanggungjawaban keuangan hibah Pilkada Kota Pasuruan 2024.” Dia juga berharap pembuatan SPJ badan adhoc sesuai dengan peraturan. 


Dalam kegiatan Bimtek ini KPU Kota Pasuruan mengundang narasumber  Aditya Maulana, ST, MSA (Auditor Ahli Madya). Beliau memberikan materi "Pengawasan Pertanggungjawaban Hibah APBD tahun 2024”


Dalam keterangannya beliau Menjelaskan poin-poin terkait: Prosedur hibah, Pencairan Hibah. Pertanggungjawaban Hibah. 

“Dari belanja pegawai, belanja modal, belanja barang, belanja jasa harus disertakan bukti yang akuntable, dibutuhkan bukti foto untuk transparansi." pegawai ASN Inspektorat Kota Pasuruan ini menjelaskan. 


Salah satu peserta bimtek Ade Darmawan yang juga anggota PPK Bugul Kidul menyampaikan kesan mengikuti kegiatan bimtek tersebut “Bimtek ini sangat bermanfaat untuk sekretariat PPK dan PPS agar menyusunan SPJ sesuai aturan. Juga untuk menambah pengetahuan anggota PPK dan PPS agar bisa membantu dalam proses penyusunan SPJ.”


Untuk diketahui, dalam bimtek ini diikuti oleh sekitar 170 peserta Badan Adhoc Pilkada 2024. Dihadiri pula Anggota Komisioner KPU Kota Pasuruan Mukhammad Zahid, Hasan Asuro, Vinsensia Niken Devi dan Sekretaris KPU Kota Pasuruan Deni Laksono. 



Oleh : Miftachul Amin

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Persiapkan Pilkada Serentak 2024, KPU Kota Pasuruan Gelar Bimtek Keuangan Untuk PPK, PPS dan Sekretaris Badan AdHoc

Trending Now