Gambar 1

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 2

KPU Sidoarjo Sambut Meriah Kirab Maskot SIJALIH Dari Kabupaten Pasuruan, Persiapkan Arak-Arakan Guk Kasijo

09 Oktober 2024 | 12.43 WIB Last Updated 2024-10-09T05:44:38Z



Meriah dan penuh semangat! KPU Sidoarjo menyambut Kirab Maskot Pilkada 2024 SIJALIH, dari Kabupaten Pasuruan Semoga kirab ini semakin meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilukada serentak yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang

SIDOARJO | JATIMSATUNEWS.COM

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo menyambut kedatangan Kirab Maskot Pilkada 2024 dengan penuh semarak pada hari Selasa Siang (8/10/24).

Acara yang berlangsung di Terminal Porong ini merupakan bagian dari rangkaian kirab maskot Pilkada serentak se-Jawa Timur. Maskot Pilkada Jawa Timur, yang diberi nama “Sijalih,” diterima langsung dari delegasi KPU Kabupaten Pasuruan.

Rombongan KPU Kabupaten Pasuruan datang dengan gaya konvoi yang unik, menggunakan mobil Volkswagen (VW) dan Vespa. Kehadiran mereka disambut oleh seluruh jajaran Komisioner KPU Sidoarjo di pintu gerbang lokasi acara. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari jajaran pelaksana Pemilu di tingkat kecamatan (PPK) dan desa (PPS), serta pejabat Forkopimda Sidoarjo dan pimpinan partai politik. Perwakilan KPU Provinsi Jawa Timur, Choirul Umam, selaku Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan, juga turut hadir dalam acara ini.

Acara kirab maskot Pilkada serentak ini dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan, mulai dari pagelaran tari hingga hiburan musik. Panggung megah yang disiapkan di tengah terik matahari menambah kemeriahan suasana. Ketua KPU Sidoarjo, Fauzan Adhim, dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara ini. Ia juga menyampaikan permohonan maaf atas gangguan yang mungkin ditimbulkan terhadap aktivitas di sekitar Pasar Porong.

“Kami berharap melalui kirab maskot ini, partisipasi masyarakat dalam Pemilukada serentak pada 27 November 2024 nanti akan semakin meningkat,” ujar Fauzan. 

Sambutan serupa juga disampaikan oleh Pj. Bupati Sidoarjo, Dr. Isa Anshori. Ia berharap agar Pilkada di Sidoarjo bisa berjalan dengan lancar, aman, dan damai. “Semoga Pemilukada di Sidoarjo ini bisa menjadi percontohan bagi kabupaten lainnya,” harapnya.

Setelah prosesi serah terima maskot SIJALIH dari Ketua KPU Kabupaten Pasuruan, Ainul Yaqin, kepada Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo, Fauzan Adhim, kirab dilanjutkan dengan pelepasan rombongan menuju kecamatan-kecamatan di Kabupaten Sidoarjo. Kirab ini akan berlangsung mulai tanggal 9 hingga 11 Oktober 2024.

Dalam jadwal yang telah disusun, KPU Sidoarjo akan mengarak maskot Guk Kasijo bersama maskot lainnya dari KPU se-Jawa Timur. Pada tanggal 9 Oktober, kirab akan menyambangi enam kecamatan, yaitu Porong, Jabon, Tanggulangin, Candi, Tulangan, dan Krembung. Kemudian pada tanggal 10 Oktober, kirab akan melanjutkan perjalanan ke Prambon, Tarik, Balongbendo, Krian, Wonoayu, dan Sukodono. Di hari terakhir, tanggal 11 Oktober, kirab akan menjelajahi wilayah Taman, Waru, Sedati, Gedangan, Buduran, hingga Kecamatan Kota Sidoarjo.

Fauzan menjelaskan bahwa ada 20 maskot dari 19 KPU kabupaten/kota di Jawa Timur yang akan ikut serta dalam kirab di Sidoarjo. Khusus untuk KPU Jawa Timur dan KPU Sidoarjo, maskot SIJALIH dan Guk Kasijo dihadirkan dalam bentuk orang-orangan dengan kostum khas. Sementara itu, 18 maskot lainnya dari berbagai daerah akan dikirab dalam bentuk boneka kecil yang dibungkus dalam mika atau plastik.

Maskot-maskot yang ikut serta dalam kirab di Sidoarjo antara lain berasal dari Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Malang, Kota Malang, Kota Batu, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, dan Kabupaten Pasuruan.

Acara kirab maskot ini diharapkan dapat menjadi sarana sosialisasi yang efektif untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam Pilkada serentak mendatang.(Zeera)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KPU Sidoarjo Sambut Meriah Kirab Maskot SIJALIH Dari Kabupaten Pasuruan, Persiapkan Arak-Arakan Guk Kasijo

Trending Now