Gambar 1

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 2

Bangkitnya Santri, Jayakan Negeri Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan

Admin JSN
22 Oktober 2024 | 20.16 WIB Last Updated 2024-10-22T13:28:27Z
Caption: Dr. Noer Rohmah. M. PdI
Ketua STIT Ibnu Sina Malang
Dewan Pakar PC. Muslimat NU Kab. Malang


Oleh: Dr.Noer Rohmah, M.PdI

ARTIKEL| JATIMSATUNEWS.COM - Sejak ditetapkan Hari Santri Nasioanl (HNS) pada tanggal 22 Oktober tahun 2015 oleh Bapak Jokowi, maka setiap tanggal 22 Oktober peringatan Hari Santri Nasioanl (HNS) selalu diselenggarakan oleh segenap rakyat Indonesia diseluruh Nusantara dengan tema yang berbeda-beda. Indonesia merdeka tak lepas dari peran ulama dan para santri. Kemerdekaan Indonesia diraih dengan cara yang tidak mudah dan melibatkan banyak elemen rakyat Indonesia, tak terkecuali kaum santri. Peran santri dalam kemerdekaan Indonesia telah ditorehkan bahkan jauh sebelum proklamasi kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 1945.

Tahun 2024 ini peringatan Hari Santri Nasional (HSN) bertemakan “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan” ini salah satu maknanya bahwa santri dalam menjaga ideologi NKRI pada era digitalisasi saat ini sangat dibutuhkan kesiapan mental, moral dan kesiapan pengetahuan yang handal dalam menghadapi kemajuan teknologi masa kini dan masa yang akan datang. Karena saat ini tidak lagi berperang dengan menggunakan bambu runcing, namun berperang zaman ini adalah bagaimana cara para santri dalam mempertahankan ideologi NKRI.

Untuk bisa merengkuh masa depan yang gemilang maka para santri Indonesia saat ini harus bangkit dan berjuang tanpa putus asa. Ada beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh santri agar mereka dapat berjuang untuk kemajuan negeri ini demi tetap tegaknya NKRI yang kesemuanya berangkat dari kata “ SANTRI” itu sendiri yaitu :
1) S;Science yaitu Pengetahuan 
Santri era globalisasi harus memiliki ilmu pengetahuan yang luas, tidak cukup dengan ilmu pengetahuan agama saja. 
2) A;Ability and Activity 
Artinya manusia dalam hal ini adalah para santri agar bisa bertahan hidup, agar mampu bersaing di dunia global ini salah satu syarat adalah memiliki kemampuan (kompetensi) jika tidak, maka dirinya akan tertinggal.
3) N;Networking atau jaringan
Maknanya , “tidak boleh tidak” saat ini santri harus mampu membangun jaringan untuk bisa terus survive dalam kancah kompetisi kehidupan seperti yang dirasakan saat ini. Jika itu tidak dilakukan maka dia akan sangat tertinggal. 
4) T:Trust, Yaitu rasa percaya diri
Rasa percaya diri sangat penting dimiliki oleh para santri karena dengan rasa percaya diri yang tinggi dia akan memiliki kebebasan luas dalam menyuarakan kebenaran dan idealismenya ditengah-tengah permasalahan kehidupan yang sangat kompleks ini. 
5) R:Religi, kepercayaan kepada Tuhan 
Kepercayaan akan adanya kekuatan adi kodrati di atas manusia, ini akan sangat berpengaruh pada perilaku seorang santri, sejauh mana seorang santri memiliki keyakinan yang kuat bahwa semua tindakan dalam hidup ini akan dipertanggungjawabkan kepada Tuhan, maka dia akan selalu bertindak berdasarkan hati nuraninya. Kemantapan keyakinan kepada Tuhan akan selalu mengarahkan segala tindakan untuk hal-hal yang positif dan bermanfaat untuk masyarakat dan tak akan pernah tergoyahkan.
6) I: Integrity, Integritas 
Adalah suatu konsep yang berkaitan dengan perilaku, nilai, prinsip dan harapan. Orang yang memiliki integritas berarti memiliki kepribadian yang jujur dan kuat. Sikap tegas untuk tidak ingin korupsi, berpegang teguh pada prinsip, dan menjadi dasar untuk berhubungan dengan diri sendiri sebagai nilai moral.

 Jika kesemua hal ini telah terpancar pada diri santri mulai dari berilmu pengetahuan, memiliki berbagai kemampuan, selalu bisa beraktifitas, memiliki jaringan yang kuat, memiliki rasa percaya diri, memiliki keyakinan yang kokoh akan kebenaran Tuhan dan memiliki integritas moral yang tinggi lalu kesemuanya itu bisa terintegrasi dalam dirinya maka tidak dapat dielakkan lagi kelak akan muncul para pemimpin-pemimpin masa depan yang handal, yang mampu membawa bangsa ini mencapai keadilan, kemakmuran dan kejayaan.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bangkitnya Santri, Jayakan Negeri Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan

Trending Now