Universitas Hang Tuah (UHT) Raih 4 Penghargaan Anugerah Kampus Unggulan LLDIKTI Wilayah VII Tahun 2024

06 September 2024 | 18.29 WIB Last Updated 2024-09-06T11:30:50Z

SURABAYA | JATIMSATUNEWS.COM - Kamis, 5 September 2024 – Universitas Hang Tuah (UHT) kembali menorehkan prestasi gemilang dalam ajang Anugerah Kampus Unggulan yang diselenggarakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII. Pada tahun 2024 ini, UHT berhasil membawa pulang empat penghargaan bergengsi sebagai bentuk nyata dari komitmen universitas dalam meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Acara penghargaan yang diadakan di Grand Mercure Malang, Jl. Raden Panji Suroso No.7, Malang, menjadi saksi pencapaian UHT yang menerima penghargaan di berbagai kategori. Penghargaan untuk UHT diterima oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik & Inovasi, Prof. Dr. Hj. Dian Mulawarmanti, drg., M.S., P.B.O., yang mewakili Rektor UHT. Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Kepala Lembaga LL DIKTI Wilayah VII, Prof. Dr. Dyah Sawitri, S.E., M.M.

Penghargaan yang berhasil diraih UHT antara lain adalah sebagai berikut:

Peringkat 1 dalam Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, untuk kategori Perguruan Tinggi Akademik Klaster Madya.

Sedang penghargaan untuk Perguruan Tinggi dengan peringkat akreditasi A/Unggul, UHT memperoleh 3 penghargaan, yaitu

Terbaik 1 dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM);

Terbaik 2 sebagai Perguruan Tinggi Berprestasi di Bidang Kemahasiswaan; dan

Terbaik 3 untuk Kualitas Pelaporan Terbaik.

Rektor UHT, Laksamana Muda TNI (Purn) Prof. Dr. Ir. Supartono, MM., CIQaR, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh sivitas akademika Universitas Hang Tuah atas kerja keras dan dedikasi yang telah ditunjukkan. Menurutnya, pencapaian ini adalah bukti nyata dari kolaborasi dan komitmen bersama untuk terus mengembangkan pendidikan dan inovasi, khususnya di bidang kemaritiman.

“Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras seluruh elemen di UHT, mulai dari dosen hingga mahasiswa. Kami akan terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan untuk mencetak generasi unggul yang siap bersaing di tingkat nasional maupun internasional,” ungkap Prof. Dr. Hj. Dian Mulawarmanti, drg., M.S., P.B.O.

Dengan torehan prestasi ini, UHT semakin memperkuat posisinya sebagai salah satu perguruan tinggi unggulan di Indonesia, terutama dalam bidang kemaritiman serta pengabdian kepada masyarakat.

Sebagai bagian dari upaya peningkatan dan penjaminan mutu, LLDIKTI Wilayah VII juga menyelenggarakan Rapat Kerja Pemimpin (Rakerpim) Perguruan Tinggi bersamaan dengan pemberian penghargaan Anugerah Kampus Unggulan 2024. Rakerpim tahun ini mengusung tema “LLDIKTI Wilayah VII Bergerak Maju untuk Jawa Timur dan Indonesia Emas".

Universitas Hang Tuah berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik dalam pengembangan pendidikan Indonesia dan mencetak lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi, baik di kancah nasional maupun internasional.

Dalam amanatnya,  Kepala LLDIKTI Wilayah VII menegaskan bahwa akreditasi merupakan syarat mutlak bagi perguruan tinggi untuk dapat beroperasi. Mulai tahun 2024, seluruh perguruan tinggi di Indonesia harus memiliki akreditasi untuk memastikan standar mutu pendidikan. LLDIKTI akan terus memantau dan mendukung proses akreditasi, termasuk penambahan jumlah perguruan tinggi terakreditasi yang kini mencapai 308, dengan tambahan satu vokasi baru di Kota Batu.

Tujuan Pendidikan Tinggi dan Kualitas Lulusan

LLDIKTI menekankan bahwa tujuan utama perguruan tinggi adalah menghasilkan lulusan yang siap kerja dan mampu menciptakan lapangan kerja. Hal ini sejalan dengan Undang-Undang Pendidikan Tinggi Tahun 2012, yang mengharuskan perguruan tinggi berfungsi sebagai pabrik pencetak SDM berkualitas.

Pengelolaan Bantuan Pendidikan

Terkait dengan bantuan sosial seperti Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K), LLDIKTI menegaskan pentingnya pengelolaan yang transparan dan sesuai aturan. Perguruan tinggi diharapkan menggunakan dana KIP-K dengan penuh tanggung jawab tanpa adanya penyimpangan.

Peningkatan Mutu dan Prestasi

LLDIKTI juga mengapresiasi pencapaian perguruan tinggi dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat. Perguruan tinggi di wilayah 7 Jawa Timur memperoleh dana terbesar untuk penelitian dan pengabdian di seluruh Indonesia, dengan total hampir 98 miliar rupiah. Selain itu, prestasi dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) juga mencatatkan angka tertinggi di Indonesia.

Penegakan Tata Kelola dan Penggunaan Sistem Digital

Dalam upaya meningkatkan efisiensi, LLDIKTI mendorong perguruan tinggi untuk memanfaatkan sistem informasi dan layanan berbasis digital. Hal ini termasuk penggunaan sistem untuk pengajuan dokumen dan sertifikat, serta menghindari pertemuan tatap muka yang tidak perlu.

Pembangunan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Pemerintah terus memperhatikan pengajuan bantuan pembangunan rusunawa tanpa biaya tambahan, untuk mendukung kebutuhan akomodasi mahasiswa.

Harapan Masa Depan

Dengan berbagai langkah strategis dan penekanan pada tata kelola yang baik, LLDIKTI Wilayah 7 Jawa Timur berharap perguruan tinggi dapat mewujudkan SDM unggul yang siap bersaing di tingkat nasional dan internasional. Upaya ini bertujuan untuk mendukung visi dan misi pemerintah dalam mewujudkan Indonesia maju, berdaulat, mandiri, dan berkepribadian.(Kominfo UHT 2024)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Universitas Hang Tuah (UHT) Raih 4 Penghargaan Anugerah Kampus Unggulan LLDIKTI Wilayah VII Tahun 2024

Trending Now