TPQ An-Nur Kalipecabean Sidoarjo Peringati Maulud Nabi

Admin JSN
20 September 2024 | 12.05 WIB Last Updated 2024-09-20T05:05:32Z
Peringatan maulud Nabi Muhammad SAW dilaksanakan dengan meriah di TPQ An-Nur Kalipecabean

SIDOARJO|JATIMSATUNES.COM - Maulid Nabi, atau peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, merupakan momen penting bagi umat Islam di seluruh dunia. 

Di Indonesia, perayaan ini sering kali dilaksanakan dengan penuh khidmat dengan beragam tradisi yang unik. Salah satu contoh perayaan yang menarik perhatian adalah yang dilakukan oleh TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur'an) An-Nur di Kalipecabean, Sidoarjo. Menariknya adalah adanya doorprize yang bisa diambil sendiri dan diundi.

Bertempat di TPQ dan Majelis Taklim AN-NUR yang berlokasi di Perum. Mentari Kelapa 1, blok j 07 Kalipecabean Candi Sidoarjo, peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW digelar pada Rabu malam (18/09/2024). Tempat tersebut sekaligus menjadi kediaman dari pendiri, ketua, pengasuh sekaligus pembina TPQ/Majelis Taklim AN-NUR yakni Ustadzah Yayuk Hidayah, S.S., Mpd.

Peringatan Maulid Nabi bukan sekadar acara seremonial, melainkan juga merupakan kesempatan untuk mengingat dan meneladani karakter serta ajaran Nabi Muhammad SAW. Maulid juga menjadi momen untuk memperkuat ukhuwah (persaudaraan) antar umat Islam dan meningkatkan kecintaan kepada Rasulullah.

Di TPQ An-Nur, peringatan Maulid Nabi dirayakan dengan berbagai kegiatan yang melibatkan siswa, orang tua, dan masyarakat sekitar.

Pada kesempatan ini ada pertunjukan pentas seni dari para santri TPQ An-nur yakni tilawah senandung Al-quran, banjari, pencak silat pagar nusa serta pengajian dan ceramah yang disampaikan oleh KH. Sya'roni Fadlan Jtv.

Kegiatan ini tidak hanya mengasah kreativitas anak-anak, tetapi juga menanamkan nilai-nilai keislaman sejak dini. 

Dalam sambutannya Ustadzah Yayuk selaku pendiri ketua sekaligus pembina menyampaikan, "Alhamdulillah kita bisa memperngati acara maulud nabi ini dengan meriah, itu tanda rasa cinta kita kepada baginda Rosullah dan agar kita bisa meneladi sifat-sifat Rosullah yakni akhlakul karimah sehingga bisa menjadi hamba-hamba yang selalu dalam lindungan dan Ridho Allah", ungkapnya.

Ustadzah Yayuk juga mengucapkan banyak terima kasih kepada para partisipan, orang tua, para santri dan warga sekitar atas bantuan dan kerjasamanya hingga acara ini bisa terwujud dan berjalan dengan lancar.

"TPQ An-nur bukan sekedar tpq yang mengajarkan Al-qur'an saja tetapi juga ada ekstra-ekstra yang lain seperti tilawatil Alquran, kaligrafi, banjari, pencak silat pagar nusa. Saya juga berterima kasih kepada orang tua yang telah mempercayakan anak-anaknya untuk belajar di TPQ An-nur dan mengharapkan anak-anak menjadi generasi yang berkualitas, kompetitif dan bermanfaat", tambahnya.

KH. Sya'roni Fadhlan dalam ceramahnya menyampaikan sebagai orang tua harus rajin sholat malam serta membaca Al-qur'an dan mendoakan anaknya agar menjadi anak yang sholeh, kebanggaan orang tua, bangsa negara dan agamanya.

Acara ditutup dengan doa bersama dan ramah tamah. (zeera)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • TPQ An-Nur Kalipecabean Sidoarjo Peringati Maulud Nabi

Trending Now