Gambar 1

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 2

Tari Zapin yang Agamis Ditampilkan Dalam Kegiatan Gebyar Budaya Nusantara Yayasan Pondok Pesantren Al-Manaf Dampit

Eko Rudianto
23 September 2024 | 17.11 WIB Last Updated 2024-09-23T10:34:39Z


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Tarian Zapin yang khas dengan nuansa agamis ditampilka  dalam gelaraan budaya nusantara yayasan pondok pesantren Miftahul Ulum Al-Manaf Dampit, yayasan ini menaungi 2 lembaga pendidikan formal yaitu SMP Ibnu Rusdy dan SMK Cendekia Mandinah. Kegiatan Gelaran Budaya Nusantara tersebut dalam rangka memeriahkan acara malam puncak gelar karya proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) yang merupakan rangkaian kegiatan dalam kurikulum merdeka. Dilaksanakan di Halaman SMK Cendekia Madinah Desa Amadanom Dampit, pada Sabtu (21/9/24). 

Dengan unsur kesengajaan tarian ini dibawakan untuk memberikan pesan moral bagi siswa-siswi mengenai aqidah. Aqidah     adalah     tindakan     dan perilaku yang   diturunkan   dari   konsep kepercayaan   pada   orang.   Iman   Islam dibagi  menjadi  rukun  iman  serta  banyak bagian   sepertitauhid   ulluhiyah,   yaitu menjauhkan    diri    dari    hal-hal    yang menyekutukan    Allah.    Keyakinan    ini terkait  dengan  sistem  kepercayaan  kita. Anak  remaja  usia  6  sampai  12  tahun harus   diajari   nilai-nilai   keyakinan   inti yang berubah, dan sebagai orang dewasa, anak  tidak  kehilangan  keyakinan  yang telah diperolehnya, dari sini diharapkan siswa memiliki aqidah yang kuat dan memiliki iman yang baik.

Nilai moral yang kedua yang diharapkan adalah siswa-siswi lulusan Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Dampit yang memiliki moralitas. Moralitas  adalah  perilaku baik  dan buruk manusia yang menjelaskan kewajiban   manusia   terhadap   makhluk lain  dengan  menunjukkan  tindakan yang berbanding lurus dengan niatnya. Memiliki moral yang baik adalah kunci keselarasan hidup didunia dan akhirat. Siwa-siswi diharuskan lulus dengan menyandang title santri dengan ciri khas dan moralitas luhur. 

Konsep menghamba juga disampaikan dalam pesan moral dalam tarian zapin. Ibadah  adalah  salah  satu  bentuk perilaku  manusia.  Bertujuan  untuk  takut kepada    Allah    SWT.    Ibadah    adalah sesuatu yang harus dilakukan. Karena ini adalah    pokok    utama    dari    bentuk keimanan  kita,  maka  keimanan  adalah tiang   agama   Islam   sedangkan   ibadah adalah manifestasi dari keimanan tersebut.

Terakhir adalah Nilai     sosial     dimana ini meliputi tindakan, perilaku   manusia   yang   dianggap   baik oleh masyarakat. Dapat dikatakan bahwa orang dengan nilai-nilai sosial berperilaku  baik,  dan  semua  tindakan mencerminkan  kebaikan.  Orang  dengan keterampilan   interpersonal   yang   baik menciptakan hubungan yang baik antara individu dan kelompok.

 Keempat nilai tersebut adalah nilai pokok yang wajib melekat dalam santri/ siswa-siswi Yayasan Pondok Pesantren Al-Manaf Mifathul Ulum Dampit. Siswa atau santri tidak akan lulus kecuali membawa karakter dan watak yang luhur dengan indikator memiliki keprobadian seperti yang telah disebutkan diatas. Komitem itu menjadi mutlak dan tidak dapat ditawar-menawar lagi sebagai prinsip dan kurikulum lembaga pendidikan ini. Selain mencetak generasi penerus bangsa yang unggul dan profesional dalam ilmu dunia, santri atau siswa diharuskan memiliki bekal ilmu pengetahuan ilmu agama yang mumpuni.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tari Zapin yang Agamis Ditampilkan Dalam Kegiatan Gebyar Budaya Nusantara Yayasan Pondok Pesantren Al-Manaf Dampit

Trending Now