Plt. Bupati Sidoarjo Sidak Rumah Pompa di Tanggulangin untuk Kesiapsiagaan Menghadapi Musim Hujan

Admin JSN
03 September 2024 | 21.46 WIB Last Updated 2024-09-03T14:49:57Z

 

Plt. Bupati Sidoarjo, H. Subandi, S.H., M.Kn., melakukan sidak kesiapsiagaan rumah pompa di Kecamatan Tanggulangin, Selasa (3/9), sebagai langkah antisipasi menghadapi musim hujan dan potensi banjir

SIDOARJO | JATIMSATUNEWS.COM – Plt. Bupati Sidoarjo, H. Subandi, S.H., M.Kn., melakukan inspeksi mendadak (sidak) di beberapa rumah pompa di Kecamatan Tanggulangin pada Selasa (3/9). Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan fasilitas tersebut dalam menghadapi musim hujan yang segera tiba, sebagai bagian dari upaya kesiap-siagaan pemerintah daerah dalam mengantisipasi potensi banjir.

Dalam sidaknya, Plt. Bupati Subandi memeriksa beberapa rumah pompa penting di wilayah Tanggulangin, termasuk:

1. Rumah Pompa RT. 7 Kedungbanteng dengan kapasitas 1.200 liter per detik.

2. Rumah Pompa Banjarpanji dengan kapasitas 1.200 liter per detik.

3. Rumah Pompa Stafet Belakang Balai Desa Banjarpanji dengan kapasitas 400 liter per detik.

4. Rumah Pompa Stafet Banjarasri dengan kapasitas 250 liter per detik.

5. Rumah Pompa Penatarsewu dengan kapasitas 500 liter per detik.

Selain itu, 25 unit pompa portabel juga telah disiagakan untuk mendukung upaya pengendalian banjir di wilayah tersebut.

Subandi menyatakan bahwa seluruh rumah pompa dan sarana pengendalian banjir di Kecamatan Tanggulangin berada dalam kondisi baik dan siap dioperasikan saat musim hujan tiba. 

"Kesiapsiagaan ini adalah bentuk komitmen kita untuk melindungi masyarakat dari ancaman banjir, terutama di musim penghujan," ujar Subandi.

Kegiatan ini juga didampingi oleh Forkopimka Kecamatan Tanggulangin, jajaran pemerintah desa setempat, dan perwakilan dari Dinas PUBMSDA Sidoarjo. Kehadiran mereka menunjukkan sinergi antarinstansi dalam mengoptimalkan pengendalian banjir di wilayah Tanggulangin.

Dengan langkah kesiapsiagaan yang dilakukan, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo berharap dapat meminimalisir dampak dari curah hujan yang tinggi di musim mendatang, sehingga warga dapat merasa lebih aman dan nyaman. 

Subandi juga menginstruksikan para camat untuk memasifkan kerja bakti di wilayah masing-masing. "Ini langkah kita bersama, antisipasi menghadapi dampak banjir saat musim hujan," ajaknya.

Camat Tanggulangin Sabino Mariano menambahkan saat ini rumah pompa dioperasionalkan untuk menguras kantung-kantung penampungan air hujan. "Persiapan menghadapi musim hujan," tutupnya. (zeera)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Plt. Bupati Sidoarjo Sidak Rumah Pompa di Tanggulangin untuk Kesiapsiagaan Menghadapi Musim Hujan

Trending Now