Gambar 1

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 2

Pengabdian Kepada Masyarakat Skim PKM-EDUKASI

Anis Hidayatie
24 September 2024 | 10.32 WIB Last Updated 2024-09-24T04:21:29Z

 

Pengabdian kepada masyarakat skim PKM-EDUKASI untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha berkelanjutan Kelompok Tani “Kosagrha Lestari”

SURABAYA| JATIMSATUNEWS.COM: Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat berupa penyuluhan dan pelatihan olahan ikan air tawar telah dilakukan oleh Tim Pengabdian Masyarakat UPN Veteran Jawa Timur pada hari Kamis, 19 September 2024 bekerjasama dengan Kelompok Tani “Kosagrha Lestari” Medokan Ayu, Surabaya. 

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan serta menambah usaha ekonomi baru pada anggota Kelompok Tani “Kosagrha Lestari”. Kelompok Tani “Kosagrha Lestari” yang beralamat di Balai RW 04 , Perumahan Kosagrha, Jalan Medayu Selatan, Kelurahan Medokan Ayu, Kecamatan Rungkut Kota Surabaya merupakan Kelompok Tani yang mengembangkan pertanian organik yang terintegrasi dengan perikanan dan peternakan berkelanjutan, dan ramah lingkungan. Kelompok Tani ini diketuai oleh Ibu Pridha Nashari Rahmatika.  

Tim yang diketuai oleh Ir. Ulya Sarofa, MM dengan anggota Dr. drh. Ratna Yulistiani, MP dan dibantu oleh 2 orang mahasiswa Prodi Teknologi Pangan melakukan serangkaian kegiatan pengabdian berupa : (1) Penyuluhan tentang potensi ikan air tawar dalam pengembangan usaha ekonomi produktif. (2) Pelatihan dan praktek cara pengolahan bakso, nugget dan dimsum dengan bahan dasar ikan air tawar. (3) Pelatihan cara pengemasan, pelabelan dan pemasaran produk olahan ikan air tawar.


Animo yang sangat besar ditunjukkan oleh anggota Kelompok Tani “Kosagrha Lestari” dengan banyaknya anggota yang hadir . Output yang dihasilkan dari kegiatan tersebut adalah peningkatan pengetahuan dan ketrampilan anggota terhadap produk olahan ikan air tawar melalui pengisian kuisioner sebelum sesudah pelatihan. 

Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan dan mengembangkan usaha berkelanjutan yang telah dirintis oleh Kelompok Tani “Kosagrha Lestari”.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pengabdian Kepada Masyarakat Skim PKM-EDUKASI

Trending Now