Gambar 2

Gambar 2

Pagelaran Seni Sakera Tampil Di Acara Gebyar Festival Pesta Budaya Nusantara Yayasan Miftahul Ulum Al-Manaf

Eko Rudianto
23 September 2024 | 17.00 WIB Last Updated 2024-09-23T12:01:09Z


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Gelaran Gebyar Festival Budaya Nusantara dalam rangka malam puncak kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), SMK Cendekia Madinah dan SMP Ibnu Rusdy Dampit dilaksanakan di Halaman SMK Cendekia Madinah Dampit pada Sabtu, (21/9/24) 

Acara tersebut dimeriahkan oleh group seni sakera yang berjumlah kurang lebih 15 orang. Group sakera tersebut menampilkan tarian-tarian khas madura dengan lagu khas jawa dengan iringan musik dj remix membuatnya semakin kekenian naun tetap membawakan pesan moral. Tarian yang dibawakan menambah suasana benar-benar tempo dulu sesuai dengan temanya yaitu Nusantara. 

Yang menariknya group sakera tersebut berasal dari desa Amadanom sendiri, dengan tujuan mengangkat kearifan budaya lokal agar siswa bangga terhadap budaya yang dimilikinya. Selama kurang lebih 30 menit tampilan tarian sakera berhasil memanjakan mata pengunjung masyarakat desa sekitar, wali murid dan siswa-siswi. Terbukti pengunjung tuntas melihat pagelaran seni ini hingga akhir.

Tidak hanya kalangan orang dewasa, seni pertunjukan sakera ini juga mebuat anak dan siswa tertarik melihatnya. Perpaduan musik modern, kostum khas pendekar madura, style senjata serta gerakan tari membuat mata perpukau melihatnya, serasa kita sedang melihat para prajurit kerajaan zaman dahulu latihan ilmu bela diri dan kanuragan. 

Karakter ketegasan dan optimis membawakan pesan agar generasi muda mampu bermental tegas dan optimis dalam belajar serta meraih mimpi, melalui kesenian sakera ini siswa dan siswi dapat memperoleh refleksi bahwa kehidupan juga memiliki estetika dan keindahan yang dapat dijadikan seni hiburan atau kesehatan mental.

Sakera merupakan kesenian khas masyarakat desa Amadanom kecamatan Dampit yang diciptakan oleh tokoh-tokoh pencak silat sebagai sarana syi’ar Islam menjaga keamanan wilayah dan memberikan hiburan bagi masyarakat. Proses pertunjukan kesenian Sakera diawali dengan salam penghormatan atraksi pencak silat dan diakhiri dengan atraksi seperti pertandingan silat. Pesan keagamaan moral dan perjuangan yang terdapat dalam kesenian Sakera disampaikan melalui lagu-lagu Madura dan gerakan pencak silat oleh pasukan sakera.

SMK Cendekia Madinah dan SMP Ibnu Rusdy yang berada pada naungan Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Al-Manaf juga terdapat ekstrakulikuler kesenian mulai dari seni tari hingga ekstrakulikuler beladiri. Hal ini sebagai bentuk upaya keseriusan instansi pendidikan sebagai bentuk menumbuhkan potensi bakat dan minat peserta didiknya akan bisa menjadi prestasi kelak dikemudian hari. Peserta didik dapat menyalurkan bakat dan minatnya melalui ekstrakulikuler khusunya pada bidang kesenian.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pagelaran Seni Sakera Tampil Di Acara Gebyar Festival Pesta Budaya Nusantara Yayasan Miftahul Ulum Al-Manaf

Trending Now