Megah dan meriahnya Maulid Sastra Gunung Moncek selayaknya Event Kesenian Nasional

Admin JSN
29 September 2024 | 12.29 WIB Last Updated 2024-09-29T05:29:40Z


SUMENEP | JATIMSATUNEWS.COM - Sukses besar Komunitas Kampoeng Jerami dalam gelaran malam pentas karya, Maulid Sastra Gunung Moncek, 28 Agustus 2024 bertempat di Desa Moncek Tengah Lenteng Sumenep, Jam 19.30 s/d 00.00 WIB.

Sekitar 750an orang peserta hadir menyaksikan agenda yang sesan penuh acara yang punya esensi yang kuat seolah ingib mengabarkan bahwa malam pentas karya itu menjadi ajang yang luar biasa dan mungkin suatu yang baru dengan menyatukan seluruh unsur kesenian yang mengingkari akar kultur.

Terlihat, semua tokoh-tokoh seniman, kiai, santri yang tua dan muda, laki dan perempuan terkesima yang tak cuma dari para pemateri puisi, musik, mural tetapi kesima itu muncul set instalasi yang memanfaatkan bahan alam seperti bambu, janur dan daun lontar membuat semua mata tertuju pada satu arah.

Menariknya lagi, para kiai dan para nyai serta kepala desa yang menulis puisi terlibat membacakan serta mengurai pikirannya melihat momentum Pesta Karya yang menurut kepala desa moncek tengah semoga menjadi momentum tahunan. Decak ksgum terlihat juga dari smoothnya yang unik, menarik, islami dan akulturis.

Apresiasi juga tersampaikan oleh perwakilan Badan Bahasa Pusat Pak Raditya menyampaikan sepanjang perjalanan kegiatan Bapem saya kaget melihat antusiasme masyarakat yang terlibat dalam kegiatan sastra tapi malam ini saya sadar bila ramuannya menarik hasilnya luar biasa. Akhirnya sampai acara closing masih belum beranjak pergi.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Megah dan meriahnya Maulid Sastra Gunung Moncek selayaknya Event Kesenian Nasional

Trending Now