Dr. Faris Khoirul Anam, Lc.,M.H.I : Bulan Maulid Adalah Bulan Gembira Bagi Umat Muslim

Eko Rudianto
06 September 2024 | 20.42 WIB Last Updated 2024-09-06T15:27:29Z

Dr. KH. Faris Khoirul Anam, Lc.,M.H.I

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Dalam rangka menyambut Nabi Muhammad serta Haul Kyai Abid bin Fathul Adlim yang ke-56 bersama Majelis Ta'lim Wal Maulid Ar-Ridwan se-Malang Raya, dilaksanakan di Masjid Assalafiyah Jalan KH. Malik Dalam Buring-Kedungkandang-Kota Malang pada Jum'at (6/9/24). 

Pembacaan maulid yang dilaksanakan setelah sholat isya' ini dihadiri oleh khodimul majelis Al Habib Jamal bin Toha Baagil dan Al Habib Abdul Qodir bin Ahmad Mauladdawillah, Pengasuh PP. Darul Faqih Malang Dr. KH. Faris Khoirul Anam, Lc.,M.H.I yang juga sebagai pembicara atau mauidhah hasanah, tokoh agama, tokoh masyarakat serta seluruh jamaah majelis ar-ridwan Malang. 

Sambutan Khodimul Majlelis Ar-Ridwan Habib Jamal

Ketua panitia menyampaikan terimakasih atas kehadiran jamaah dan memohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam penyambutan seluruh jamaah, baik dalam fasilitas maupun material. 

"Mewakili ketua panitia kami sampaikan terimakasih atas kehadiran para habaib dan seluruh jamaah sekalian, juga memohon maaf apabila ada salah dalam penyambutan maupun perlakuan yang kurang menyenangkan" tutur pria yang akrab disapa ustadz Ali Ma'sum. 

Setelah sesi sambutan dari panitia, kemudian dilanjutkan majelis ta'lim oleh habih Jamal dan KH. Faris Khoirul Anam yang membahas dengan tema maulid Nabi Muhammad SAW. Secara umum materi yang disampaikan adalah sebagi berikut : 

Habib Jamal bin Toha Baagil : 

1. Tidak ada yang lebih diperingati melebihi kemeriahan kecuali peringatan lahirnya Nabi Muhammad SAW.

2. Kitab Al Imamul Qurtubi, mujahid berkata : iblis yang dilaknak oleh allah dalam kehidupannya tidak pernah syok dan histeris seperti 4 kali (saat dilaknat, diusir dari surga, ketika diutus nabi Muhammad, ketika diturunkan surat al-fatihah turun).

3. Bidayah Al-Nihayah : setan histeris ketika nabi Muhammad SAW.

4. Cara memperingati maulid Nabi beragam : ada yang dengan maulid, ada yang dengan saling menghujat, saling membid'ahkan, saling mensyikirkkan. 

5. Al Imam Suyuti : 12 Rabiul awal lahir dan wafatnya nabi, tapi mengapa ramainya adalah maulid nabi, sebab orang itu disunnahkan aqiqah itu ketika lahir, mendahulukan kebahagiaan atas lahirnya Nabi Muhammad karena sifat dan kemuliaannya. 

Dr. KH. Faris Khoirul Anam, Lc.,M.H.I : 

1. Al-Hasyr ayat ayat 10

2. Ummat islam tidak boleh susah, ummat islam harus bahagia dan senang, kebahagiaan dan kesenangan itu harus dalam hal kebaikan.

3. Human modeling paling istimewa adalah nabi Muhammad SAW.

Suasana Pembacaan Maulid 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dr. Faris Khoirul Anam, Lc.,M.H.I : Bulan Maulid Adalah Bulan Gembira Bagi Umat Muslim

Trending Now