Bersih Desa, Wirotaman Ziarah Kubur ke Lumajang

Admin JSN
11 September 2024 | 14.10 WIB Last Updated 2024-09-11T07:10:14Z


MALANG I JATIMSATUNEWS.COM - Hari ini, Selasa, 10 September 2024, dalam suasana khidmat, perangkat desa Wirotaman bersama tokoh agama, masyarakat, dan pemuda setempat melaksanakan ziarah kubur ke Taman Makam Pahlawan kabupaten Lumajang. Kegiatan yang dilakukan pada hari ini, bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan, khususnya Raden Mayor Sastrodikoro, mantan bupati sekaligus pemimpin perang gerilya di perkebunan Sonosekar sebelum namanya beliau ubah menjadi Wirotaman, serta Kyai Imam Sujai dan Kyai Ilyas.

Saat ditemui di lokasi, H. Ahmad Sholeh selaku (kepala desa) menyampaikan tujuan utama dari kegiatan ziarah ini. "Kami ingin mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan dan kemajuan negeri ini. Khususnya, Raden Mayor Ssstro Dikoro yang memiliki peran penting dalam sejarah Lumajang, beliau adalah sosok inspiratif yang patut kita teladani," ujar H. Ahmad Sholeh.

Beliau juga menambahkan, "Selain mengenang jasa, kami juga memanjatkan doa agar perjuangan para pahlawan diterima oleh Allah SWT. Semoga semangat juang mereka dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus berkarya dan membangun negeri."

Pelajaran Berharga bagi Generasi Muda

Kegiatan ziarah kubur yang merupakan rangkaian acara Bersih Desa dalam rangka HUT desa ini diharapkan dapat menjadi momen refleksi bagi masyarakat, terutama generasi muda. "Ziarah kubur ini mengajarkan kita tentang arti pentingnya menghargai jasa para pahlawan. Kita juga diingatkan akan kematian, sehingga kita semakin termotivasi untuk berbuat baik," ungkap lelaki yang akrab dipanggil Abah Sholeh ini.

Suasana Khidmat dan Haru

Selama prosesi ziarah, suasana yang sangat khidmat terasa. Para peserta tampak khusyuk memanjatkan doa yang diawali di balai desa, di pendopo Taman makam pahlawan dan pusara para pahlawan.

Harapan ke Depan

H. Ahmad Sholeh berharap kegiatan ziarah kubur ini dapat menjadi agenda rutin setiap tahun. "Kami ingin menanamkan nilai-nilai kepahlawanan pada generasi muda. Dengan begitu, semangat gotong royong dan cinta tanah air akan terus terjaga," pungkasnya.

Pewarta: Refan Purba
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bersih Desa, Wirotaman Ziarah Kubur ke Lumajang

Trending Now