Gambar 2

Gambar 2

Acara Halalbihalal IKBK: Baralek Gadang Urang Kubang di TMII

Admin JSN
22 September 2024 | 15.30 WIB Last Updated 2024-09-22T08:30:18Z


JAKARTA | JATIMSATUNEWS.COM – Masyarakat perantauan asal Urang Kubang, Kenagarian Koto Berapak, Kecamatan Bayang, Pesisir Selatan, Sumatra Barat, menggelar acara Baralek Gadang di Anjungan Sumatera Barat, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), pada Minggu, 29 September 2024. Acara yang dimulai pukul 08.00 hingga selesai ini menjadi momen istimewa bagi para perantau dengan motto “Basamo Mako Jadi”, dalam rangka menyambut Halalbihalal dan menghidupkan kembali paguyuban Ikatan Keluarga Besar Kubang (IKBK).

Paguyuban ini pernah aktif dan semarak dalam menjalin silaturahmi, namun sempat terhenti akibat pandemi Covid-19. Tahun ini, IKBK kembali dihidupkan untuk mempererat tali persaudaraan dan kekeluargaan di perantauan. Acara ini diisi dengan berbagai kegiatan, termasuk hiburan orgen tunggal, doorprize, lelang kue, dan apiek ayam sebagai bagian dari penggalangan dana untuk mendukung program IKBK.

Visi dan Misi IKBK

Visi IKBK adalah menciptakan wadah musyawarah bagi para perantau untuk membangun ukhuwah sosial, menjaga tradisi saling membantu dalam situasi suka maupun duka, seperti saat sakit atau kematian. Rasa sosial ini diwujudkan melalui penggalangan dana, seperti yang dilakukan dalam grup WhatsApp “IKBK Solidaritas” sejak dua bulan sebelum acara ini.

Selain itu, misi IKBK adalah mendirikan fasilitas berupa gedung serba guna sebagai tempat berkumpul dan berkomunikasi bagi anak nagari di perantauan. Misi ini bertujuan untuk mewujudkan tempat yang bisa digunakan oleh generasi penerus dalam mempererat hubungan kekerabatan.

Obsesi dan Harapan IKBK

IKBK bertujuan membangun ekosistem ekonomi kreatif di perantauan, seperti koperasi atau usaha lainnya, yang diharapkan bisa memberikan manfaat bagi anggotanya. Sebagai anak rantau yang kompak, IKBK juga berambisi untuk menyumbang kepada kampung halaman, sejalan dengan pepatah Minang “Karatau madang di hulu, babuah babungo balun. Marantaulah bujang dahulu, di rumah paguno balun.”

Pengurus IKBK 2024

Dalam kesempatan ini, dibentuk kepengurusan baru untuk periode 2024, dengan komposisi sebagai berikut:

Ketua Umum: H. Yulwarman Tanjung

Ketua 1: Kasmadi

Ketua 2: Ronal

Sekretaris 1: Bambang

Sekretaris 2: Silfia Desnita

Bendahara 1: Ermayenti

Bendahara 2: Buyung Asmar


Sementara itu, Syafrizal Dt. Rangkayo Basa, S.H., Alfi, S.H., dan Marlis Boy bertindak sebagai penasihat dan pelindung organisasi.

Dengan semangat kebersamaan dan dukungan seluruh dunsanak yang berdomisili di berbagai wilayah seperti Jabodetabek, Cibinong, Cikarang, hingga Lampung, acara Halalbihalal IKBK 2024 ini diharapkan mampu menjadi momen berharga dalam mempererat tali silaturahmi antar perantau serta membantu kampung halaman dengan langkah-langkah yang nyata.

Penulis: Romy Sastra

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Acara Halalbihalal IKBK: Baralek Gadang Urang Kubang di TMII

Trending Now