Gambar 2

Gambar 2

12 Kontainer Bantuan LAZISNU dan Poroz Dikirim untuk Rakyat Palestina Melalui Yordania

Admin JSN
22 September 2024 | 13.07 WIB Last Updated 2024-09-22T06:07:57Z

LAZISNU bersama Poroz kirimkan bantuan untuk Palestina berupa 12 truk kontainer berisi gandum dan hygiene kits

JAKARTA|JATIMSATUNEWS.COM – Dalam rangka meringankan beban rakyat Palestina yang menjadi korban genosida Israel, NU Care-LAZISNU bersama Perkumpulan Organisasi Pengelola Zakat (Poroz) mengirimkan bantuan kemanusiaan berupa 12 kontainer berisi gandum dan hygiene kits. Bantuan tersebut diberangkatkan dari Zarqa, Amman, Yordania, pada Jumat (20/9/2024). Acara pelepasan ini turut dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Yordania dan Palestina, Ade Padmo Sarwono, sebagai bentuk dukungan langsung dari pemerintah Indonesia.

Direktur NU Care-LAZISNU PBNU, Qohari Cholil, menyampaikan bahwa bantuan ini merupakan wujud kepedulian masyarakat Indonesia terhadap penderitaan yang dialami warga Palestina. "Alhamdulillah, Jumat 20 September 2024, LAZISNU bersama Dubes RI untuk Yordania-Palestina dan 6 LAZ anggota Poroz lainnya, melepas bantuan gandum dan hygiene packages sejumlah 12 kontainer dari gudang bantuan kemanusiaan yang berlokasi di Zarqa, Yordania, menuju Palestina," ujarnya. 

Bantuan ini terdiri dari 8 kontainer berisi gandum dan 4 kontainer berisi hygiene kits, yang diharapkan dapat segera diterima oleh warga Palestina, khususnya di Gaza. “Semoga bantuan ini dapat segera sampai dan diterima masyarakat Palestina,” harap Qohari. Total nilai bantuan yang dikirimkan mencapai Rp5 miliar, dengan kontribusi dari NU Care-LAZISNU sebesar Rp1,5 miliar yang merupakan hasil penggalangan dana dari cabang-cabang NU di Indonesia serta PCINU di seluruh dunia.

Wakil Direktur Bidang Fundraising, Humas, dan IT NU Care-LAZISNU, Anik Rifqoh, menjelaskan bahwa bantuan tersebut diperkirakan akan sampai ke Gaza dalam waktu satu bulan. Namun, ia menekankan bahwa ada proses pengecekan dan antrean administrasi yang harus dilalui terlebih dahulu sebelum bantuan bisa diterima secara langsung oleh masyarakat Palestina.

Dalam sambutannya, Duta Besar RI untuk Yordania dan Palestina, Ade Padmo Sarwono, memberikan apresiasi tinggi kepada delegasi Poroz yang telah menginisiasi pengiriman bantuan ini. "Kami sangat mengapresiasi langkah Poroz yang datang langsung ke Yordania untuk memastikan bantuan ini dapat disalurkan ke saudara-saudara kita di Palestina. Ini adalah wujud nyata solidaritas dan kepedulian bangsa Indonesia terhadap penderitaan rakyat Palestina," ujar Ade.

Dubes juga menegaskan pentingnya koordinasi yang baik antara Poroz, Kedutaan Besar RI, dan pihak-pihak terkait di Yordania serta Palestina, untuk memastikan bantuan dapat tersalurkan dengan lancar dan aman di wilayah yang masih sangat rentan konflik. 

Ketua Umum Poroz, H Buchori Muslim, menyampaikan bahwa bantuan ini bisa terselenggara berkat kolaborasi berbagai lembaga amil zakat (LAZ) ormas Islam yang tergabung dalam Poroz. “Masyarakat Indonesia, hari ini Poroz memberangkatkan bantuan atas kolaborasi Poroz dan LAZ ormas Islam, berupa makanan pokok, hygiene kits untuk saudara-saudara kita di Gaza,” kata Buchori.

Sementara itu, Direktur Poroz, Nur Hasan, menambahkan bahwa pengiriman bantuan ini dilakukan bertepatan dengan hari Jumat, yang merupakan hari besar bagi umat Islam, sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Bantuan ini dikirim melalui kerja sama antara LAZISNU, LAZIS Muhammadiyah, LAZ Persis, Lazis Dewan Dakwah, Baitul Maal Hidayatullah, Laznas Al Irsyad, dan Wahdah Islamiyah (Wahdah Inspirasi Zakat). 

Pengiriman bantuan ini diharapkan mampu meringankan penderitaan warga Palestina yang terus mengalami kesulitan akibat blokade dan konflik berkepanjangan di wilayah tersebut. Poroz dan seluruh lembaga amil zakat berkomitmen untuk terus memberikan dukungan bagi masyarakat Palestina, dengan harapan bantuan ini bisa memberikan dampak positif bagi mereka yang sangat membutuhkan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 12 Kontainer Bantuan LAZISNU dan Poroz Dikirim untuk Rakyat Palestina Melalui Yordania

Trending Now