Transformasi Media Pembelajaran oleh Mahasiswa KKNT UPN Jatim di Desa Bicak: Menyulap Pembelajaran Anak Usia Dini Menjadi Lebih Menyenangkan

Admin JSN
05 Agustus 2024 | 12.54 WIB Last Updated 2024-08-05T05:54:45Z
Mahasiswa KKNT memperkenalkan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan

MOJOKERTO|JATIMSATUNEWS.COM – Pembelajaran interaktif untuk anak usia dini kini semakin berwarna berkat inisiatif kreatif dari mahasiswa UPN "Veteran" Jawa Timur. Konsep belajar sambil bermain yang diterapkan di Desa Bicak, Kecamatan Trowulan, bertujuan untuk menjadikan proses belajar lebih menyenangkan dan mengurangi rasa takut yang sering dialami anak-anak saat belajar.

Kesenjangan pendidikan antara daerah perkotaan dan pedesaan masih menjadi isu penting di Indonesia, terutama dalam pendidikan anak usia dini. Menyadari tantangan ini, 28 mahasiswa dari berbagai jurusan—Ilmu Komunikasi, Agribisnis, Teknik, dan Desain Komunikasi Visual—berpartisipasi dalam Program KKNT Bela Negara, dengan misi mentransformasi media pembelajaran di desa ini.

Kehadiran mahasiswa-mahasiswa ini disambut antusias oleh Kepala Sekolah TK Bicak, yang melihat program ini sebagai dorongan tambahan bagi anak-anak untuk lebih semangat belajar. Program yang dimulai pada 24 Juli dan akan berlangsung hingga 7 Agustus ini bertujuan untuk memperkenalkan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan.

Sejak hari pertama program, para siswa TK Bicak menunjukkan antusiasme tinggi terhadap pembelajaran baru ini. Vino, salah satu siswa, mengungkapkan kegembiraannya, “Belajarnya seru. Perasaannya senang.” Harapan muncul agar program serupa bisa berlanjut dan memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi pendidikan anak-anak di desa ini.

Inisiatif ini tidak hanya menginspirasi anak-anak, tetapi juga memperkuat komitmen mahasiswa dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai agen perubahan. Dengan langkah kreatif ini, mereka membawa angin segar bagi dunia pendidikan di daerah-daerah yang masih membutuhkan perhatian.

Penulis: Claudya Sekar
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Transformasi Media Pembelajaran oleh Mahasiswa KKNT UPN Jatim di Desa Bicak: Menyulap Pembelajaran Anak Usia Dini Menjadi Lebih Menyenangkan

Trending Now